Sukses

Lifestyle

3 Tips Menyimpan Bumbu Bubuk Kering Agar Tidak Rusak dan Berjamur

Fimela.com, Jakarta Bumbu dasar dapur biasanya berbentuk basah seperti misalnya bawang putih dan bawnag merah. Namun kini ada pula bumbu-bumbu bubuk kering yang bisa disimpan lebih lama jika ingin memasak kapan pun.

Meski bisa disimpan relatif lebih lama dibanding bumbu basah, bukan berarti bumbu bubuk kering ini tidak butuh cara penyimpanan yang tepat. Terkadang jika tak disimpan dengan baik, bumbu kering juga bisa berjamur atau menggumpal sehingga kehilangan rasanya. Ini caranya agar bumbu kering awet tahan lama.

1. Plastik pressed

Jika kebetulan memiliki alat pres yang bisa membungkus makanan sehingga kedap udara, cara ini bisa digunakan. Karena seringkali udara membawa mikroba yang bisa merusak kandungan bumbu kering, proses penyimpanan ini mampu membuat bumbu lebih tahan lama.

2. Simpan di dalam wadah tertutup rapat dengan silica gel

Pilih wadah yang tidak ada lubang angin atau tidak mudah bagi udara luar masuk ke dalamnya. Untuk mencegah jamur, masukkan satu atau bungkus kecil silica gel untuk menjaga udara tetap kering atau kadar kelembapan udara di dalam wadah.

3. Simpan di dalam freezer

Dalam keadaan bubuk, bumbu akan lebih mudah rusak jika disimpan di suhu ruangan. Akan lebih baik simpan di dalam freezer karena suhu rendah memberikan kemungkinan kecil mikroba untuk berkembang.

Itu dia cara menyimpan bumbu bubuk kering agar awet tahan lama. Perlu diingat juga kapan tanggal penyimpanan sehingga bisa memperkirakan kapan masa kadaluwarsanya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading