Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyeimbangkan Pekerjaan Kantor dan Sambilan

ringkasan

  • Catat Semua Tenggat Waktu yang Dimiliki
  • Selalu Jadwalkan Waktu untuk Beristirahat
  • Sebisa Mungkin Hindari Multitasking

Fimela.com, Jakarta Karena berbagai alasan, di antara kita ada yang memutuskan untuk melakukan pekerjaan sambilan di tengah-tengah kesibukan ngantor. Disibukkan dengan pekerjaan kantor dan pekerjaan sambilan memang bisa membuat kita gampang stres. Manajemen waktu yang baik adalah kemampuan penting yang harus kita miliki.

Ada sejumlah tips mudah yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan prioritas tersebut. Sehari kita memiliki waktu 24 jam, dari situ kita bisa membaginya menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Selengkapnya, langsung saja simak tipsnya di bawah ini.

1. Catat Semua Tenggat Waktu yang Dimiliki

Sebaiknya kita memang punya jurnal atau buku catatan khusus untuk hal ini. Kita bisa mencatat semua tenggat waktu yang kita baik. Baik tenggat waktu pada pekerjaan kantor maupun pada pekerjaan sampingan. Setelah itu kita bisa mengalokasikan waktu yang ada untuk bekerja sesuai dengan tenggat waktu tersebut. Kita bisa membuat jadwal harian, mingguan, dan bulanan untuk bekerja lebih efektif.

2. Selalu Jadwalkan Waktu untuk Beristirahat

Jadwal kita sebaiknya tak hanya berisi daftar pekerjaan atau kesibukan. Kita juga pelru mengalokasikan waktu untuk beristirahat. Demi menjaga produktivitas dan konsentrasi, kita selalu butuh waktu untuk istirahat merilekskan tubuh dan pikiran. Setiap kali kita selesai mengisi ulang energi tubuh kita dengan istirahat, performa kerja bisa terjaga dengan lebih baik.

 

 

3. Sebisa Mungkin Hindari Multitasking

Multitasking sepertinya bisa membantu kita menghemat waktu bekerja. Namun, multitasking bisa menguras energi kita dalam waktu singkat. Bahkan membuat konsentrasi terganggu. Sebaiknya jangan mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu. Kerjakan dan selesaikan satu hal dalam satu waktu. Dengan begini, kita bisa terhindar dari stres atau tertekan karena urusan pekerjaan.

4. Jaga Ekspektasi tetap Realistis

Biasanya hal ini terjadi saat kita mendapat banyak tawaran atau proyek baru untuk pekerjaan sambilan yang kita lakukan. Kadang kita mengiyakan semua tawaran yang ada tanpa mempertimbangkan energi dan waktu yang kita punya. Di sini, kita tetap perlu menjaga ekspektasi tetap realistis. Hindari mengambil terlalu banyak proyek yang hanya akan membuat kita makin stres atau tertekan. Kesehatan tetaplah jadi prioritas utama.

Memiliki dan menekuni lebih dari satu pekerjaan memang menjadi tantangan seru. Tapi kita tetap perlu memprioritaskan aspek-aspek yang tak kalah penting dalam hidup kita. Jaga pola makan, tidur cukup, dan liburan untuk menyeimbangkan kesibukan kita.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Diapresiasi di Tempat Kerja, Jangan Keburu Mengutuk Keadaan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kestabilan Mood Kerja saat Atasan Uring-uringan