Sukses

Lifestyle

Agar Perut Nyaman, Hindari Mengonsumsi 6 Hal Ini sebelum Naik Pesawat

ringkasan

  • Makanan Cepat Saji
  • Sayuran Cruciferous
  • Camilan Asin

Fimela.com, Jakarta Pernah merasakan perut kembung atau mual saat naik pesawat? Rasanya pasti tidak nyaman sekali, ya. Perjalanan pun jadi terganggu.

Agar perut nyaman selama perjalanan naik pesawat, ada jenis makanan dan minuman tertentu yang sebaiknya dihindari. Sebelum atau saat sedang terbang, hindari mengonsumsi jenis makanan dan minuman berikut ini.

1. Makanan Cepat Saji

Dilansir dari skyscanner.com.au, berada di ketinggian 35 ribu kaki membuat proses pencernaan terhambat. Saat akan naik pesawat, hindari makanan cepat saji karena dampaknya bisa membuat tubuh kita kesulitan memproses lemak jenuh yang terkandung di dalam makanan tersebut.

2. Sayuran Cruciferous

Sebelum dan selama penerbangan, sebaiknya hindari mengonsumsi sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan buncis. Sayuran jenis tersebut bila dikonsumsi sebelum atau saat sedang dalam pesawat bisa meningkatkan risiko perut kembung. Untuk lebih amannya, pilih sayuran seperti wortel dan mentimun untuk dikonsumsi.

3. Camilan Asin

Indera pengecap kita bisa "mati rasa" saat kita berada di ketinggian. Tak heran jika makanan asin atau yang mengandung banyak garam bisa terasa lebih menggoda dijadikan sebagai camilan sebagai teman perjalanan. Namun, camilan asin bisa menyebabkan retensi air atau jet bloat dan membuat perut jadi kembung. Jadi, untuk sementara hindari aneka keripik asin dan sebagainya, ya.

 

4. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi sebaiknya dihindari dulu. Selain bisa memengaruhi siklus tidur, minuman berkafein bisa membuat kita merasa letih setelah melakukan perjalanan. Sebaiknya, minuman berkafein dikonsumsi saat sudah tiba di tempat tujuan. Sebagai alternatifnya, coba konsumsi minuman herbal atau minuman yang mengandung mint dan jahe untuk mencegah mual dan mabuk perjalanan.

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman soda atau minuman berkarbonasi bisa menyebabkan perut kembung. Perut bisa terasa tak nyaman bila kita minum minuman bersoda atau berkarbonasi selama di pesawat. Buah yang tinggi vitamin C bisa bantu meningkatka kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi. Buah jeruk dan semangka bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi selama penerbangan.

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa membuat tubuh dehidrasi. Belum lagi dengan tekanan tinggi dan kelembapan rendah selama penerbangan, minum minuman beralkohol bisa membuat tubuh jadi makin tak nyaman.

Satu lagi hal penting yang perlu diketahui adalah memahami toleransi tubuh kita. Bila kita punya kecenderungan mengalami perut kembung karena jenis makanan atau minuman tertentu (sekalipun yang tak disebutkan di atas), maka hindari mengonsumsinya sebelum naik pesawat.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Pencegah Sakit di Musim Hujan
Artikel Selanjutnya
Efektif Lepaskan Stres, Ini 7 Olahraga yang Bisa Membuatmu Happy