Sukses

Lifestyle

Satu Aktivitas Harian Ini Bisa Bantu Jaga Kewarasan Dirimu

Fimela.com, Jakarta Dengan banyaknya tekanan dan masalah hidup, kita bisa sangat rentan mengalami stres. Perasaan tertekan dan mudah cemas semakin sering menghantui kita. Menjaga kewarasan diri pun menjadi prioritas penting dalam hidup kita.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental kita. Berbagai aktivitas bisa dipilih untuk mencegah diri kita mengalami stres atau depresi. Salah satunya adalah menulis jurnal atau buku harian. Memiliki jurnal dan menuangkan semua perasaan dan isi pikiran kita dengan bebas dapat berdampak positif pada tubuh kita.

Menulis Jurnal Bisa Memberi Banyak Manfaat

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, aktivitas menulis ekspresif dapat membantu menjaga gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pasien trauma menghadapi rasa sakit, dan meningkatkan fleksibilitas. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang menghabiskan setidaknya 20 menit sekali setiap minggu selama tiga hari menuliskan perasaannya terkait penyakit kanker yang dialaminya mengungkapkan rasa sakitnya berkurang. Bagi yang sedang diet, menulis jurnal tentang makanan yang dikonsumsi dapat memudahkannya untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

 

Menulis Dapat Mengeluarkan Hal-Hal Negatif dalam Diri

Terapi menulis bisa bantu mengeluarkan semua emosi negatif dalam diri. Mengeluarkan racun-racun dalam diri sehingga memudahkan kita untuk menjaga kestabilan kesehatan mental ita. Jika ada hal-hal yang membuat kita tidak nyaman atau stres, tuangkan saja semuanya dalam jurnal. Begitu kita bisa menjadikannya sebagai kebiasaan, kita tak lagi merasa gampang stres atau tertekan.

Yuk, coba dulu siapkan jurnal atau buku harian khusus. Coba tuliskan hal-hal yang beberapa waktu belakangan ini mengganggumu dan lepaskan semua melalui tulisan tanganmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Dengarkan Musik Saat Menyetir Mobil Mampu Kurangi Stres
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Stres Berkepanjangan Rentan Membuat Tubuh Gemuk