Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Semur Jengkol yang Empuk

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang makanan favoritnya semur jengkol? Membuat semur jengkol sendiri di rumah pun tidak terlalu susah. Hanya saja untuk membuat semur jengkol yang empuk, memang perlu trik tersendiri.

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat semur jengkol yang empuk. Kunci pentingnya adalah pada perebusan jengkol sebelum dibumbui. Berikut tips-tips yang mudah dicoba agar jengkol yang dimasak bisa empuk. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Jengkol Direndam Seharian dan Direbus dengan Daun Jeruk

Jengkol yang akan kita masak perlu direndam terlebih dahulu selama seharian. Sampai kulitnya mudah dikelupas. Setelah direndam, jengkol bisa direbus dengan daun jeruk secukupnya. Penggunaan daun jeruk di sini adalah untuk menghilangkan baunya. Rebus sampai jengkol empuk, lalu geprek. Jengkol siap diolah dengan bumbu untuk dijadikan semur yang lezat.

 

2. Jengkol Direndam dan Direbus dengan Daun Salam

Jengkol bisa direndam dengan air dan garam selama semalaman. Setelah itu, jengkol direbus dengan daun salam dan kopi hitam selama sekitar 40 menit. Jika tak ada kopi hitam, daun salam saja sudah cukup. Jengkol kemudian digeprek untuk diolah dengan bumbu semur sesuai selera.

3. Jengkol Direndam dan Direbus dengan Bubuk Kopi

Jengkol yang sudah direndam (bisa satu malam atau dua malam), dicuci bersih. Lalu rebus dengan bubuk kopi hitam secukupnya selama kurang lebih dua jam. Bila airnya menyusut, tambahkan lagi airnya. Setelah direbus, jengkel dimasukkan ke dalam baskom berisi air biasa. Supaya hasilnya tetap empuk, jengkol jangan sampai dibiarkan kering, ya. Jengkol digeprek satu per satu dan dimasukkan lagi ke dalam baskom berisi air. Jengkol pun sudah siap diolah dengan bumbu semur.

Kita bisa memilih salah satu tips di atas untuk membuat semur jengkol yang empuk. Semoga infonya bermanfaat, ya. Tetap semangat memasaknya!

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading