Sukses

Lifestyle

Tips agar Kecap dan Bumbu pada Nasi Goreng Bisa Merata

Fimela.com, Jakarta Pernahkah merasa jengkel saat memasak nasi goreng karena kecap dan bumbu lainnya tidak merata? Mungkin ini masalah sepele, namun terkadang mengesalkan. Jika tidak merata, mie goreng jadi terasa aneh. Ini caranya agar kecap dan bumbu lain bisa merasa saat masak nasi goreng.

1. Dinginkan dulu

Jangan langsung memasukkan nasi yang masih panas saat memasak nasi goreng, karena masih terlalu basah dan biasanya akan menggumpal, akhirnya kamu tak bisa mengaduk nasi agar bumbunya merata. Dinginkan dulu nasi agar tidak terlalu basah dan sebisa mungkin memisahkannya agar cepat dingin.

2. Pilih nasi yang tidak pulen

Ada banyak jenis beras, gunakan nasi pera jika ingin masak nasi goreng yang mudah diaduk dan setiap bulirnya terpisah. Jika menggunakan nasi yang terlalu pulen, maka akan susah mencampurkan bumbunya. Atau jika tidak, gunakan nasi kemarin karena biasanya sudah cukup kering.

3. Tambahkan minyak

Saat menumis bumbu, pastikan menuang minyak yang cukup, tidak terlalu sedikit sehingga nasi tidak menempel di wajan dan mudah diaduk. Minyak akan berfungsi sebagai pelicin pada setiap bulir nasi.

4. Pakai wajan besar

Jika mengaduk pada wajan kecil memang nasi jadi susah tercampur merata dengan bumbu. Jadi gunakan wajan besar agar mudah mengaduknya. Menambahkan kecap dan mencampurnya di kala terakhir juga tak akan menyulitkan.

Itu dia caranya agar kecap dan bumbu nasi goreng bisa merata. Bisa langsung dipraktikkan di rumah ya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading