Sukses

Lifestyle

Penyebab Gigi Berlubang Selain Kurang Menjaga Kebersihan

Fimela.com, Jakarta Rasa nyeri menjadi tanda pertama gigi berlubang. Salah satu penyebab utama yang mungkin terjadi adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi. Sehingga muncul karang gigi yang merusak konstruksi secara keseluruhan.

Namun jika sudah rajin membersihkan gigi, kenapa masih terjadi gigi berlubang? drg. Hardini Dyah Astuti., Sp.perio. menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab terjadinya gigi berlubang.

1. Kandungan asam yang berlebihan

Sifat korosif pada asam juga bisa terjadi dalam mulut. Di mana jika terlalu banyak makanan manis akan membuat mulut memproduksi asam. Semakin tinggi kandungan asam di dalam mulut, akan semakin cepat gigi berlubang.

 

2. Karang gigi

Plak atau karang gigi yang menempel pada gigi mengandung bakteri aerob dan bisa jadi berbahaya. Ia akan menyerang syaraf dan gigi akan dicabut. Plak bisa muncul akibat sisa makanan yang menempel. Pembersihan karang gigi secara rutin bisa mengurangi potensi gigi berlubang.

3. Kurangnya kalsium

Perlu dipahami bahwa gigi juga terdiri dari kalsium yang juga terdapat pada tulang. Ketika kadar kalsium dalam tubuh berkurang akan menjadi keropos. Pengeroposan pada gigi ada kaitannya dengan pengeroposan pada tulang. Di mana gigi menjadi sebagian kecil dari tanda pengeroposan tulang. Ketika gigi mulai keropos, hal yang sama juga terjadi pada tulang.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui 4 Cara Terbaik untuk Memutihkan Gigi
Artikel Selanjutnya
Kupas Tuntas Khasiat Ekstrak Siwak untuk Kesehatan Gigi