Sukses

Lifestyle

Tips Menabung Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk mencapai kebabasan finansial adalah dengan berinvestasi. Rutin berinvestasi akan membantumu mencapai tujuanmu. Banyak orang menganggap, menjadi ibu rumah tangga dan mengandalkan 'uang bulanan' membuatmu tidak bisa leluasa untuk merancang masa depan keuanganmu.

Dengan semakin majunya teknologi dan sumber informasi yang mudah diakses, investasi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan semua orang. Nah, sebagai ibu rumah tangga perlu menyadari pentingnya investasi untuk masa depan keluarga.

Sebagai ibu rumah tangga, bukanlah halanganmu untuk berinvestasi. Yang terpenting tentukan tujuan keuangan. Hal ini akan memudahkanmu dalam menentukan instrumen investasi apa yang sesuai untukmu.

Memilih Investasi yang Tepat untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu kriteria finansial yang aman dan sehat adalah cashflow yang sehat, tidak ada utang konsumtif, memiliki dana darurat dan investasi. Investasi bukanlah hal yang mustahil bagi Ibu Rumah Tangga. Lalu apa yang perlu diperhatikan Mom, saat memilih investasi?

Hal pertama yang mom lakukan sebelum berinvestasi adalah tentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Misalnya tujuan investasi adalah untuk dana pendidikan anak. Tentukan waktu yang dibutuhkan.

Waktu yang dibutuhkan ini akan membantumu untuk menentukan jenis investasi yang sesuai untukmu. Untuk jangka panjang, Mom bisa memilih reksadana atau saham. Dan yang tidak kalah penting, ketahui bagaimana profil risikomu.

Pilihan Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Tabungan Berjangka

Buatmu yang memiliki tipe konservatif dalam hal investasi, pilihan tabungan berjangka ini sangat cocok. Jangka waktu dan jumlah setoran setiap bulannya bisa kamu tentukan. Dan menariknya, kamu bisa autodebet dari rekeningmu setiap bulannya.

Reksa Dana

Salah satu instrumen investasi yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga adalah reksa dana. Memiliki 4 jenis yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Lalu mana yang cocok untukmu? Reksa dana pasar uang, karena memiliki risiko yang minim dan cenderung stabil.

Emas

Investasi yang cenderung stabil dan populer adalah emas atau logam mulia. Emas memiliki nilai yang lebih stabil dan nilainya lebih liquid, sehingga saat membutuhkannya kamu dapat menjualnya dengan segera.

Pilih investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading