Sukses

Lifestyle

5 Tips Puasa Sehat untuk Busui Tanpa Mengganggu Pembersian ASI

Fimela.com, Jakarta Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim. Yaitu menjalankan ibadah dengan menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Namun, apabila kamu memiliki si kecil dan masih sedang menyusui, mungkin khawatir tentang pengaruh puasa terhadap produksi ASI.

Perlu kamu ketahui bahwa ibu menyusui atau busui juga bisa menjalani puasa serta dapat memenuhi ASI untuk si kecil dengan stabil dan optimal. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menjalani puasa dengan sehat dan aman serta tetap memberikan ASI yang cukup untuk si kecil.

1. Konsumsi makanan yang sehat baik saat sahur maupun berbuka

Makanan yang sehat dan tepat sangat penting dan sangat memengaruhi produksi ASI agar tetap stabil. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti protein, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan juga untuk minum air yang cukup agar tidak dehidrasi selama berpuasa.

2. Jangan mengurangi frekuensi menyusui

Dilansir dari Unicef, menyusui secara teratur merupakan kunci untuk menjaga produksi ASI yang stabil serta cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Jangan ragu untuk menyusui sebanyak yang diperlukan oleh si kecil, bahkan saat kamu sedang berpuasa. Jika kamu khawatir kekurangan cairan selama puasa, pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup saat berbuka maupun sahur.

3. Pentingnya menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh juga memainkan peran penting dalam produksi ASI. Dalam menjaga kesehatan tubuh, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, dan jangan stres berlebihan. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan tubuhmu dan produksi ASI secara optimal.

Penting memperhatikan tanda-tanda kekurangan ASI

4. Perhatikan tanda-tanda kekurangan ASI

Dilansir dari Healthy Children, beberapa tanda-tanda kekurangan ASI yang wajib kamu perhatikan:

  • Si kecil sering rewel dan sulit untuk tidur
  • Berat badan bayi yang tidak bertambah
  • Produksi ASI yang menurun secara drastis.

Apabila kamu mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan saran dan dukungan yang tepat.

5. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan laktasi

Apabila kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang pengaruh puasa terhadap produksi ASI, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi. Dengan berkonsultasi, kamu akan mendapatkan saran dan dukungan yang tepat untuk membantumu menjalani puasa dengan sehat dan aman.

Demikian tips untuk membantu kamu menjalani puasa dengan sehat dan aman serta tetap memberikan ASI yang cukup untuk si kecil. Menjalani puasa sebagai busui memang memerlukan perhatian lebih.

Namun, dengan menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan tepat kamu dapat menjalani puasa dengan sehat dan tetap memberikan ASI yang cukup untuk si kecil. Ingatlah! jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi jika kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang puasa dan ASI.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading