Sukses

Lifestyle

5 Tips Olahraga untuk Membuat Tubuh Berotot

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan mengidamkan tubuh ramping seperti idol K-Pop. Akan tetapi, ada pula beberapa perempuan yang menginginkan badan yang berotot. Mempunyai tubuh yang berotot akan membuat tubuhmu jadi terlihat lebih kencang dan seimbang.

Apakah Sahabat Fimela termasuk salah satu perempuan yang menginginkan tubuh berotot? Jika iya, Sahabat Fimela harus meluangkan waktu untuk berolahraga, entah itu olahraga sendiri di rumah ataupun olahraga di gym. Sebisa mungkin, sempatkan waktu untuk berolahraga supaya lemak-lemak di tubuh bisa terbakar dan tergantikan dengan otot yang kencang.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, olahraga adalah salah satu kunci untuk membentuk otot. Namun, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kita harus melakukan olahraga dengan benar. Jika kita melakukan olahraga asal-asalan, tidak hanya waktu yang terbuang sia-sia, tetapi juga energi dan tubuh kita akan merasa lelah, bahkan bisa menjadi cidera.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan gerakan yang kita lakukan saat olahraga. Dilansir dari Healthshots.com, berikut adalah tips olahraga yang akan membuat tubuhmu terlihat berotot. Simak baik-baik informasinya, yuk!

1. Angkat beban berat

Jangan berpikiran bahwa angkat beban itu hanya untuk laki-laki, ya Sahabat Fimela. Sebenarnya, kita sebagai perempuan, memiliki otot yang sama dengan laki-laki, yang membedakan adalah hormon yang kita miliki. Itulah mengapa laki-laki biasanya jauh lebih mudah membentuk otot. Jadi, jangan ragu untuk mengangkat beban, ya. Pilihlah berat yang sesuai dengan kemampuanmu. Sahabat Fimela bisa memulainya dengan dumbbell seberat 2,5 kilogram, lalu seiring berjalannya waktu, naikkan beban tersebut perlahan-lahan.

2. Pilih gerakan yang tepat

Untuk membentuk otot, Sahabat Fimela harus memilih latihan yang pas, entah itu latihan bodyweight atau latihan angkat beban. Sahabat Fimela bisa memasukkan push-up, pull-up, squat, shrugs, curls, tricep dips, deadlift, lunges, dan chest press, dalam rutinitas workout. Semua latihan tersebut adalah gerakan terbaik untuk memperoleh otot karena menargetkan beberapa otot sekaligus.

3. Perhatikan repetisi dan set

Repetisi dan set membuat akan banyak perubahan. Ketika memutuskan jumlah set dan repetisi, pertimbangkan juga berat yang akan diangkat. Berat dan repetisi harus berbanding terbalik satu sama lain. Jika Sahabat Fimela mengangkat beban yang lumayan ringan, sebaiknya buat repetisi yang lebih banyak, begitu pun sebaliknya.

4. Sertakan HIIT dalam rutinitas workout

Jika ingin membentuk otot, selipkan HIIT atau high intensity interval training dalam rutinitas workout. Sebuah studi tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of Science and Medicine in Sports menyarankan bahwa latihan HIIT adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh otot yang lebih ramping tanpa perlu peralatan khusus. Sahabat Fimela bisa melakukan burpee hingga high knees, atau melakukan lima hingga enam gerakan yang tinggi intensitas.

5. Kontraksikan otot dengan benar

Kontraksi adalah kunci dalam memperoleh otot. Jika gerakan dan kontraksi otot tidak dilakukan dengan benar, otot tidak akan terbentuk dengan baik seperti yang Sahabat Fimela inginkan. Selalu perhatikan gerakan dan kontraksikan otot dengan benar saat menjalani latihan. Saat Sahabat Fimela melakukan gerakan yang tergesa-gesa, maka Sahabat Fimela gagal mengalirkan energi ke arah otot. Alhasil, jadi sia-sia, deh. Lakukan repetisi secara perlahan dan tahan gerakan selama beberapa detik untuk kontraksi otot yang lebih baik.

Itulah beberapa tips olahraga yang akan membantumu membentuk tubuh menjadi terlihat berotot. Perlu dicatat bahawa membentuk tubuh yang berotot tidak hanya dilakukan dengan olahraga saja, tetapi juga apa yang kita makan dan istirahat yang cukup juga memengaruhi proses pembentukan otot.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading