Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Penyebab Telapak Kaki Pecah-Pecah yang Kerap Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Telapak kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang paling umum. Beberapa orang dewasa biasanya akan mengalami kulit pecah-pecah di kaki mereka. Namun terkadang kaki pecah-pecah tak hanya terjadi pada orang dewasa dan anak-anak serta sering menyerang perempuan dan laki-laki.

Namun bagi kebanyakan orang, mengalami tumit pecah-pecah bukanlah hal yang serius. Akan tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat kamu betelanjang kaki. Dalam beberapa kasus retakan pada tumit juga bisa menjadi sangat dalam dan menyebabkan rasa sakit.

Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja penyebab telapak kaki pecah-pecah dan cara mengatasi cara penyebab telapak kaki pecah-pecah. Di bawah ini beberapa penjelasannya:

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Tanda pertama yang mungkin kamu alami yaitu memiliki area kulit kering dan menebal, biasanya sering disebut dengan kapala. Saat kamu berjalan maka bantalan lemak di bawah tumit akan mengembang, hal inilah yang dapat menyebabkan kapalan anda retak.

Berikut beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan telapak kaki pecah-pecah :

  • Berdiri berjam-jam tanpa alas kaki atau dengan sandal terbuka.
  • Mandi air panas yang lama.
  • Menggunakan sabun keras yang dapat menghilangkan minyak alami di kulit.
  • Sepatu yang tidak pas atau tidak menompang tumit.
  • Kulit kering, karena faktor cuaca atau kurang kelembaban.
  • Obesitas, yang dapat meningkatkan tekanan pada bantalan lemak normal di bawah tumit.
  • Kekurangan vitamin atau mineral.
  • Kondisi hormonal seperti ketidakseimbangan tiroid atau esterogen.
  • Masalah sirkulasi.

Nah itulah beberapa penyebab dari telapak kaki pecah-pecah yang kerap mengganggu penampilan atau masalah kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi penyebab telapak kaki pecah-pecah :

1. Pelembab untuk Tumit

Perawatan pertama kamu dapat mencobanya dengan menggunakan pelembab atau balsam tumit. Balsem ini mengandung bahan untuk melembabkan, melembutkan, dan mengelupas kulit mati. Nah berikut beberapa bahan-bahan yang terdapat pada balsam kulit :

  • Urea (balsem tumit flexitol).
  • Asam salisat (kerasal).
  • Asam alfa-hidroksi (Amlaktin).
  • Sakarida isomerat

Namun beberapa balsem tumit juga dapat menyebabkan rasa perih atau iritasi ringan. Hal ini memanglah normal, namun kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui porsi yang sesuai dengan masalah yang kamu alami.

2. Rendam dan Eksfoliasi Kaki

Telapak kaki yang pecah-pecah seringkali lebih tebal dan lebih kering daripada bagian kulit lainnya. Kulit ini akan cenderung pecah ketika kamu memberikan tekanan. Ternyata merendam dan melembabkan kaki dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa tips untuk merendam kaki :

  • Merendam kaki dengan air sabun yang hangat hingga 20 menit.
  • Gunakan loofah, penggosokan kaki atau batu apung untuk menghilangkan kulit yang keras dan tebal.
  • Menepuk kaki dengan lembut hingga kering.
  • Mengoleskan balsem tumit atau pelembab ke area yang kering.
  • Mengoleskan petroleum jelly di atas kaki untuk mengunci kelembaban.
  • Menggunakan kaus kaki untuk menghindari penyebaran minyak di sekitar kaki.

Namun dapat menghindari menggosok kaki saat kering. Hal ini akan berisiko meningkatkan kulit kaki yang rusak.

3. Madu

Madu dapat bekerja sebagai obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Madu juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta dapat melembabkan kulit. Kamu dapat menggunakan madu sebagai scrub kaki, setelah berendam atau mengoleskannya sebagai masker kaki semalam.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering. Eksim dan psoriasis dapat membantu kulit menjadi lebih lembab. Tak hanya madu, menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki juga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik.

Ternyata sifat inflamasi dan antimikroba yang terdapat pada minyak kelapa juga dapat menyebablan telapak kaki pecah-pecah serta rentan terhadap pendarahan atau infeksi.

5. Sepatu

Gunakanlah sepatu yang pas serta kamu juga harus berhati-hati untuk memakasi sepatu yang tertutup untuk mengurangi tekanan pada kaki.

6. Mandi

Ternyata mandi juga memiliki pengaruh untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah lho. Mandi air panas dan waktu yang lama sebaiknya dihindari, pilihlah mandi singkat dengan air hangat . Hal ini agar mmebantu menjaga minyak esensial kulit.

7. Mencuci Kaki

Ada baiknya jika kamu mencuci kaki setiap hari dan gunakan air hangat untuk membasuh kaki. Keringkan dengan baik dan pastikan untuk emmberishkan di antara jari-jari kaki.

Penjelasan di atas adalah bagaimana cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah dan beberapa penyebab kaki pecah-pecah. Untuk itu kamu dapat mencoba beberapa tips di atas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading