Sukses

Lifestyle

Memperingati Hari Bumi 2024, Ketahui Kapan dan Bagaimana Cara Merayakannya

Fimela.com, Jakarta Hari bumi menjadi peringatan yang cukup penting akan pentingnya pelestarian lingkungan, terlebih saat ini terjadi iklim yang semakin memburuk. Awal mula acara ini terbentuk pada tahun 1970 di AS. Peringatan ini mempertemukan jutaan orang diseluruh dunia untuk saling merangkul dan menyuarakan kesadaran akan perlunya melindungi planet bumi. 

Laporan terbaru menunjukkan bahwa konsentrasi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida, telah mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023. Sementara itu, penelitian lain menyoroti penurunan suhu yang mengkhawatirkan di Antartika, dengan kenaikan suhu yang mencapai 38,5 derajat Celcius di atas rata-rata musiman pada tahun 2022. Hal ini menandakan pentingnya memperingati Hari Bumi 2024. 

Perayaan Hari Bumi menjadi sebuah panggilan untuk bertindak nyata menghadapi krisis iklim dan melindungi planet bumi. Simak lebih lanjut mengenai kapan acara ini dilaksanakan, tema, cara merayakan, dan hal yang bisa Sahabat Fimela lakukan, dilansir dari vogue.com

Kapan Hari Bumi 2024?

Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Namun, sepanjang bulan peringatan ini menjadi pusat peringatan untuk permasalahan lingkungan. Khususnya minggu menjelang Hari Bumi disebut sebagai pekan bumi. 

Hari Bumi merupakan gagasan senator AS dan pemerhati lingkungan Gaylord Nelson, menyusul tumpahan minyak tahun 1969 di Santa Barbara, California . Dia mendapat ide untuk mengadakan pengajaran di perguruan tinggi untuk menyoroti pentingnya udara dan air bersih, dengan tanggal 22 April dipilih sebagai tanggal yang tepat antara Liburan Musim Semi dan final.

Pada tahun 1970, Hari Bumi pertama kali dirayakan, menghasilkan partisipasi massal sekitar 20 juta orang di seluruh AS, yang merupakan sekitar 10 persen dari populasi negara saat itu. Dampaknya sangat signifikan, di mana Presiden Richard Nixon membentuk Badan Perlindungan Lingkungan hanya beberapa bulan kemudian pada bulan Desember 1970 dan menandatangani Undang-Undang Udara Bersih.

Tema Hari Bumi 2024

Hari Bumi 2024 mengangkat tema “Planet v Plastik”, yang menyoroti fakta bahwa 380 juta ton plastik diproduksi setiap tahun, tetapi hanya 9% yang didaur ulang. Sejumlah aktivis lingkungan meminta untuk mengurangi penggunaan plastik sebesar 60 persen pada tahun 2040. 

Kathleen Rogers, Presiden Earthday.org, menjelaskan, “Kampanye Planet v Plastik adalah seruan untuk mengangkat senjata, sebuah tuntutan agar kita bertindak sekarang untuk mengakhiri momok plastik dan menjaga kesehatan setiap makhluk hidup di planet kita. ” 

Cara Merayakan Hari Bumi

Terdapat ribuan peristiwa yang digelar di seluruh dunia untuk memperingati Hari Bumi. Hal ini sebagai bentuk kesadaran akan lingkungan dan upaya melindungi planet yang telah menyediakan kekayaan sumber daya alam. Sahabat Fimela bisa memulainya dari hal kecil yang cukup berdampak, yakni: 

1. Menghindari penggunaan plastik sekali pakai.

Sahabat Fimela bisa dimulai dengan membawa tas belanja kain sendiri ketika berbelanja dan menggunakan botol minum yang dapat diisi ulang daripada botol plastik sekali pakai. 

2. Bergabung dalam kampanye The Great Global Cleanup 

Cara merupakan langkah efektif untuk berkontribusi dalam membersihkan lingkungan dari sampah-sampah plastik yang mencemari alam.

3. Menandatangani petisi Perjanjian Plastik Global

Melakukan hal ini, Sahabat Fimela dapat menjadi bagian dari gerakan global yang mendesak pemerintah dan industri untuk bertindak dalam mengurangi pencemaran plastik. 

4. Menolak fast fashion 

Sebagian besar pakaian fast fashion terbuat dari bahan sintetis berbasis plastik, yang berkontribusi pada masalah pencemaran plastik. Memilih untuk membeli pakaian berkualitas yang tahan lama dan diproduksi secara berkelanjutan, dapat membantu mengurangi jejak plastik kita di bumi.

Hal Apa yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Planet Bumi?

Ada berbagai cara untuk hidup lebih ramah lingkungan, mulai dari memilih pakaian dan produk yang lebih berkelanjutan hingga beralih ke sumber energi terbarukan. Mengurangi pola perjalanan udara dan mengurangi konsumsi daging, ikan, dan produk susu juga merupakan langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi jejak karbon.

Selain itu, bergabung dengan kelompok kampanye lokal atau mengambil bagian dalam aksi politik seperti menulis surat kepada politisi dapat membantu meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan dan mendorong perubahan yang diperlukan. Sahabat Fimela juga dapat memberikan dukungan finansial kepada badan amal lingkungan yang berdedikasi, seperti Greenpeace, 350.org, dan Rainforest Alliance. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading