Sukses

Parenting

5 Tips Mengatasi Anak yang Sulit Tidur

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan yang baik, tetapi masalah tertidur bukan hanya masalah yang muncul saat dewasa. Anak-anak dapat mengalami kesulitan untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Waktu tidur bisa menjadi masalah serius ketika anak tidak bisa tenang dan tertidur. Tetapi ada beberapa cara yang dapat membantu Mom untuk membantu anak lebih mudah untuk tertidur seperti berikut ini.

1. Tetapkan Waktu Tidur

Anak-anak usia sekolah membutuhkan antara 9 dan 11 jam tidur setiap malam. Tetapi ada banyak variasi dalam kebutuhan dan pola tidur. Kebanyakan anak memiliki pola yang tidak banyak berubah, apa pun yang Mom lakukan. Orang yang bangun pagi akan tetap bangun pagi bahkan jika di hari libur sekolah sekali pun. Ketika rutinitas waktu tidur ini dapat dilakukan secara rutin maka akan menjadi kebiasaan untuk si kecil.

2. Atur Waktu Bangun

Tetapkan waktu bangun berdasarkan berapa lama anak perlu tidur dan jam berapa mereka pergi tidur. Bisa direkomendasikan untuk membuat rutinitas bangun sejak tahun-tahun prasekolah untuk membantu mencegah stres bagi orang tua di kemudian hari. Dan ingatlah untuk konsisten dengan jadwal. Membiarkan anak tidur lebih larut pada akhir pekan mungkin bisa dilakukan, tetapi bisa menjadi masalah dalam jangka panjang.

3. Ciptakan Ritinitas

Rutinitas sangat penting untuk bayi, balita, dan anak prasekolah. Direkomendasikan bahwa setelah makan malam, sisa malam itu harus mencakup waktu bermain ringan, mandi, menggosok gigi, dongeng sebelum tidur, dan kemudian tidur. Rutinitas tersebut bertujuan untuk menetapkan suasana waktu tidur yang ideal. Tak lama kemudian tubuh anak mungkin secara otomatis mulai mengantuk di awal rutinitas.

4. Matikan Layar Elektronik 2 Jam Sebelum Tidur

Melatonin adalah bagian penting dari siklus tidur-bangun. Ketika kadar melatonin berada pada titik tertinggi, kebanyakan orang mengantuk dan siap untuk tidur. Jadikan kamar tidur sebagai zona bebas layar atau setidaknya pastikan semua layar gelap pada waktu tidur. Dan tetap heningkan ponsel saat Mom berada di kamar anak.

5. Jaga Ruangan Agar Tetap Dingin

Siklus tidur anak tidak hanya bergantung pada cahaya. Ini juga sensitif terhadap suhu, kadar melatonin membantu mengatur penurunan suhu tubuh internal yang dibutuhkan untuk tidur. Namun, Mom dapat membantu mengatur suhu ruangan agar tetap dingin dengan memamtikan lampu 2 jam sebelum tidur dan dapat juga menyalakan AC.  

Nah, membantu anak agar lebih mudah tidur memang menjadi masalah bagi setiap orangtua. Namun, dengan membuat rutinitas yang tepat, akan membantu anak agar lebih mudah tertidur.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Urutan Trimester dalam Kehamilan dan yang Harus Dipersiapkan
Artikel Selanjutnya
Peringati Hari Internet Aman Sedunia, Toolkit Keamanan Keluarga Jadi Panduan Pengasuhan Anak Secara Digital