Sukses

Parenting

Ide Hadiah Lebaran bagi Si Kecil selain Uang

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang mewajibkan seluruh umat Islam yang sudah baligh untuk berpuasa. Namun, sudah banyak anak yang dilatih sejak kecil untuk berpuasa agar tidak kaget di kemudian hari. Latihan berpuasa sedikit demi sedikit diterapkan pada anak, seperti praktik puasa setengah hari. Dengan melatih anak-anak untuk berpuasa, harapannya adalah nanti ketika sudah wajib untuk berpuasa, anak-anak sudah terbiasa.

Angpao adalah hal yang sering diberikan kepada anak-anak saat lebaran sebagai penghargaan atas usahanya berpuasa selama satu bulan. Sebagai hadiah atas pencapaiannya telah berpuasa selama satu bulan, tentu uang bukanlah satu-satunya hal yang dapat diberikan. Dilansir dari parenting.firstcry.com, berikut adalah hadiah yang cocok untuk diberikan pada si kecil.

Makanan favorit

Setiap anak pasti memiliki makanan favoritnya sendiri, baik itu merupakan makanan utama maupun makanan ringan. Dengan memberikan makanan favoritnya, sang anak akan menyadari bahwa itu adalah hadiah berkat hal baik yang ia lakukan. Tentu, jangan selalu memberikan makanan favoritnya sebagai hadiah, Sahabat Fimela dapat mengganti hadiahnya dengan hal-hal lain.

Mainan yang disukai

Mainan yang sudah menjadi harapan sang anak dapat diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaiannya dalam berpuasa. Berpuasa bukanlah hal yang mudah, jadi mainan yang ia sukai cocok untuk diberikan sebagai hadiah, bentuk apresiasi atas usahanya selama satu bulan. 

Kegiatan luar ruang bersama keluarga

Hadiah tidak harus selalu berupa barang, tetapi juga dapat berupa pengalaman. Ajaklah sang anak untuk berkegiatan di luar ruang bersama keluarga. Pergi ke taman bermain, museum, lapangan olahraga, kolam renang, dan tempat-tempat menarik lainnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain anak-anak merasa dihargai, anak-anak juga dapat waktu yang lebih dengan keluarga.

Berikan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas yang anak sukai

Setiap anak pasti memiliki aktivitas favorit. Aktivitas seperti melukis, memasak, berkebun, bermain games, berolahraga (seperti sepak bola), atau bermain musik. Sahabat Fimela dapat memberikan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas yang mereka sukai. Berikan cat baru jika anak-anak suka melukis atau berikan alat olahraga dari olahraga yang ia sukai.

Manfaat memberikan hadiah pada anak

Dilansir dari cdc.gov, sebuah kebiasaan akan berulang jika diikuti oleh sesuatu yang rewarding di akhir. Maka dari itu, pemberian hadiah bagi anak saat mereka telah berbuat hal-hal baik menjadi cara yang baik agar anak-anak bersemangat untuk kembali berlaku baik. Berikut adalah sederet manfaat memberikan hadiah pada anak.

Hadiah dapat membuat anak bersemangat untuk melakukan hal baik

Saat orangtua memberikan hadiah ketika anak berbuat kebaikan, anak-anak akan bersemangat untuk kembali melakukannya. Hadiah seringkali membuat anak melakukan hal-hal yang menyebabkannya mendapatkan hadiahnya tersebut. 

Hadiah dapat meningkatkan rasa percaya diri

Anak-anak sering sekali mendengar kata “tidak” dan “jangan” di kesehariannya. Larangan-larangan yang diberikan dapat menurunkan rasa percaya dirinya dalam melakukan sesuatu karena rasa takut salah. Saat anak-anak berbuat baik, berilah hadiah agar mereka mengetahui bahwa itu adalah kegiatan yang baik dan orangtua senang karenanya. Dengan demikian, rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan sendirinya.

Hadiah dapat meningkatkan hubungan orangtua dengan anak

Saat memberikan hadiah kepada sang anak, hati anak dan hati orangtua akan sama-sama senang. Orangtua senang karena dapat memberikan apa yang disukai oleh anak dan anak senang karena diberikan sesuatu yang ia sukai. Oleh karena itu, hubungan orangtua dan anak akan meningkat karena kedua pihak senang dengan adanya hadiah tersebut.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading