Sukses

Parenting

3 Ciri Anak Berbakat Dilihat dari Sisi Kognitif Hingga Sosial

Fimela.com, Jakarta Anak yang berbakat memang membuat orang tua bangga. Orang tua perlu lebih aware untuk mengenali bakat terpendam anak. Sehingga mampu mengusahakan untuk melatih dan mengembangkan bakat anak.

Anak-anak berbakat memiliki ciri-ciri yang menonjol daripada anak-anak lainnya. Ciri-ciri ini bisa dilihat dari sisi kognitif, sosial, dan emosional. Dilansir dari laman verywell.com inilah ciri anak berbakat drai berbagai sisi:

 

 

Pandangan Umum

Anak -anak berbakat akan tertarik mempelajari hal-hal baru dan seringkali penasaran. Mereka cenderung memiliki perkembangan yang tidak sinkron, artinya adalah mereka mungkin bisa sangat cerdik tapi memiliki kondisi emosional berbeda dari anak seusianya. Kosa kata yang digunakan anak berbakat juga cenderung lebih luar dari anak lainnya. Mereka terbiasa membaca buku dengan cepat dan luas.

Sisi Kognitif

Anak yang lahir berbakat cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak seusianya. Ia juga akan mengalami perkembangan memori dan keterampilan yang lebih cepat. Selain itu, anak berbakat juga akan memiliki kemampuan yang menonjol, contohnya ahli di bidang matematika, cepat lama memecahkan masalahda atau ahli dalam menyusun blok lego. Pemikiran mereka akan lebih kompleks dan orisinial sehingga lebih cepat menangkap konsep saat belajar.

Sisi Emosional dan Sosial

Banyak yang salah paham dan menganggap anak berbakat akan lebih mengisolasi diri dan memiliki jiwa sosial yang rendah. Tapi faktanya adalah anak berbakat malah lebih unggul dari anak-anak lainnya dalam hal sosial dan emosional.  Mereka lebih mampu memahami empati, intuisi, dan kreativitas.  Tidak heran mereka lebih peka dan minat pada isu-isu sosial.

Kenali potensi yang ada di dalam diri anak sejak dini. Usahakan ikut membantu anak dalam mengembakan bakat yang ia miliki agar menjadi pegangan dalam menjalani kehidupan di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading