Sukses

Parenting

5 Tips Mengatasi Rasa Lelah saat Sedang Hamil

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu hamil tidaklah mudah. Kondisi tubuh yang berubah drastis diiringi dengan perubahan mood membuat ibu hamil sering kali merasa kelelahan sendiri. Belum lagi merasakan sakit di pinggang, kaki, morning sickness, dan stres. Ibu hamil seringkali merasa kelelahan berlebih saat berada di trisemester kehamilan pertama dan ketiga.

Kelelahan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai hormon kehamilan, kondisi tubuh, suasana hati, pikiran, kondisi metabolisme, hingga pola tidur. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips untuk mengatasi kelelahan pada ibu hamil. Dilansir dari laman healthline.com, inilah 5 tips mengatasi ibu hamil yang sering kelelahan:

1. Tidur Siang

Istirahat dengan tidur siang saat merasa kelelahan saat sedang hamil. Hindari tidur terlalu sore atau petang. Jika merasa tidak suka tidur siang. Mungkin Sahabat Fimela bisa mencari tempat yang bagus untuk beristirahat dan meluruskan kaki agar membuat tubuh rileks.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Minum Cukup Air

Saat awal kehamilan, hindari konsumsi makanan yang dapat menaikkan tekanan darah dan gula darah. Ini bisa membuatmu lebih cepat lelah. Jaga keseimbangan nutrisi dengan konsumsi makanan bernutrisi. Tidak lupa juga untuk minum cukup air agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Hindari Konsumsi Kafein Setelah Makan

Kafein dapat menjadi stimulan agar tetap terjaga hingga larut makan. Oleh sebab itu, hindari konsumsi kafein terutama setelah makan. Ini akan membuat bayi aktif seperti berguling dan menendang di dalam perut. Sehingga menyebabkan ibu hamil kewalahan sepanjang hari. Batasi konsumsi kafein saat hamil sekitar kurang dari 200 mg setiap harinya.

4. Manjakan Diri

Mandi air hangat dan pijatan ringan bisa membuat tubuh dan pikiran kembali rileks. Manjakan diri dengan menggunakan pakain lembut dan duduk di tempat yang nyaman. Atau bisa juga dengan minum teh hangat sambil menyalakan lilin aromaterapi untuk membuat suasana sekitar dan hati lebih tenang. 

5. Olahraga

Jangan berhenti olahraga saat sedang hamil. Mungkin ada sedikit berkurang intesitasnya, tapi tetap usahakan untuk rutin. Olahraga ringan selama kehamilan dapat mengurangi nyeri punggung, menurunkan risiko diabetes, menambah berat badan sebelum persalinan, serta memperkuat kondisi jantung dan pembuluh darah. Tidak lupa juga lakukan konsultasi pada dokter kandungan terkait olahraga yang cocok dilakukan saat sedang hamil sesuai dengan kondisi tubuh.

Masa kehamilan menjadi masa yang penuh pengalaman luar biasa bagi seorang ibu. Mulai dari rasa lelah hingga rasa bahagia semua didapatkan. Ketahui tips untuk mengatasi rasa lelah berlebih ada ibu hamil agar tidak salah langkah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading