Sukses

Beauty

3 Manfaat Menakjubkan Seledri yang Harus Anda Tahu

Seledri atau dikenal nama ilmiah Celery Apium Grafeolens ini merupakan herba yang memiliki tinggi sekitar 25 – 100 cm. Tanaman dari keluarga Umbelliferae ini dikenal tak hanya dikenal karena manfaatnya untuk menyedapkan aneka masakan, tapi juga karena khasiatnya yang mampu mengobati berbagi penyakit dan meningkatkan fungsi organ dalam tubuh.

Seperti disebutkan dalam juicing-for-health.com, bagian daun dari tanaman hijau ini kaya akan kandungan vitamin A, sementara bagian batangnya merupakan sumber vitamin B1, B2, B6, C serta mineral seperti potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium, serta asam amino esensial.

Karena kekayaan kandungan dalam seledri inilah, maka tidak mengherankan jika seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 3 manfaat menakjubkan dari seledri yang harus Anda ketahui. Yuk, simak...

    Menjaga dan Memperbaiki Fungsi Ginjal

    Ginjal merupakan organ yang memiliki peranan penting dalam menyaring racun dalam darah. Karena beratnya fungsi ginjal ini, maka tak mengherankan jika ginjal rentan mengalami gangguan kesehatan. Jika Anda ingin ginjal Anda tetap terjaga fungsinya, Anda bisa menggunakan bantuan seledri. Caranya cukup mudah, rebus seledri selama 10 menit, kemudian dinginkan. Minum air rebusan seledri ini satu kali sehari.

    Memerangi Kanker

    Selain menjaga fungsi ginjal, seledri juga memiliki manfaat untuk memerangi kanker. Sebuah hasil studi terbaru menunjukkan bahwa seledri memiliki setidaknya 8 keluarga senyawa yang aktif memerangi sel kanker dalam tubuh, di antaranya adalah acetylenics dan asam fenolat. Kedua senyawa ini diketahui aktif dalam menghentikan pertumbuhan sel tumor serta menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Anda bisa mendapatkan manfaat seldri untuk memerangi sel kanker ini dengan meminum sari seledri yang telah dijus.

    Mengontrol Tekanan Darah

    Seledri yang kaya akan potasium (kalium) juga sangat baik dalam mengontrol tekanan darah Anda. Meski seledri memiliki kandungan natrium, namun kandungan garam alami ini tetap aman untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Jika Anda ingin memanfaatkan seledri untuk mengontrol tekanan darah Anda, Anda bisa mengolahnya sebagai jus dan minumlah secara rutin satu kali setiap harinya.

Menakjubkan bukan manfaat dari sayuran berdaun hijau ini? Dengan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan ini, Anda tentu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi seledri ya, kan? Bagi Anda yang mulanya enggan mengonsumsi seledri, semoga setelah mengetahui informasi ini, Anda segera mempertimbangkan ulang keengganan Anda demi kesehatan tubuh. So, semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading