Sukses

Beauty

8 Cara Sederhana Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Fimela.com, Jakarta Sebagai bagian dari kulit, bibir juga kerap mengalami kondisi kering dan mengelupas. Bibir kering dan mengelupas kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi.

Bagi perempuan, bibir menjadi salah satu fitur yang memiliki daya tarik. Itu sebabnya, jika bibir kering dan mengelupas kerap dikeluhkan karena membuat perempuan kurang merasa percaya diri.

Penyebab dari bibir kering dan mengelupas bisa beragam. Bisa kurang minum air putih, perubahan temperatur, hingga kondisi kesehatan yang menurun. Dilansir dari berbagai sumber, Fimela telah merangkum cara mengatasi bibir kering dan mengelupas.

1. Banyak minum air

Cara pertama untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah banyak minum air putih. Dengan cara ini akan membantu bibir lembap dari dalam. Kekurangan cairan dalam tubuh dalam mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering.

 

2. Jangan menjilat bibir

Melembapkan bibir dengan menjilatkan bukan solusi yang tepat. Menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan melembapkannya. Kurangi kebiasaan menjilat bibir.

3. Menggunakan lip balm

Lip balm menjadi salah satu produk yang bisa membantu melembapkan bibir. Biasanya lip balm mengandung petroleum, beeswax atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir. Lip balm juga dapat melindungi bibir dari sinar matahari, angin, dan udara angin dengan mengunci kelembapan bibir.

4. Hindari produk perawatan wajah

Ada beberapa produk perawatan wajah yang bisa membuat lapisan kulit bibir menjadi kering. Hal ini karena lapisan bibir lebih tipis dibandingkan lapisan kulit wajah lainnya. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir untuk melindungi dari produk perawatan wajah.

5. Pilih lipstik yang sesuai

Menggunakan lipstik yang sesuai bisa membantu mengatasi bibir kering dan mengelupas. Kandungan alkohol dan tekstur lipstik matte akan mengurangi kelembapan bibir. Kini beberapa produsen lipstik menggunakan alkohol dari tanaman sebagai emolien untuk melembutkan bibir.

 

6. Gunakan madu sebelum tidur

Mengaplikasikan madu pada bibir kering menjadi cara alami yang dapat dilakuka. Aplikasikan madu sebelum tidur dan biarkan hingga pagi.

7. Menjaga asupan makanan

Untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas jangan lupa untuk perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Seperti pepaya, kacang, dan biji-bijian yang mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak untuk membuat kulit bibir lembut. Hindari juga makanan pedas dan asin karena ia akan menyerap air dalam tubuh.

8. Lakukan eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk di bibir menghambat hidrasi ke kulit bibir. Lakukan eksfoliasi dengan scrub bibir yang memiliki tekstur lebih lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah itu, jangan lupa aplikasikan lip balm untuk mengembalikan kelembapan bibir.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kandungan Lip Gloss Atasi Bibir Kering Selama Puasa
Artikel Selanjutnya
Cara Praktis Mengatasi Bibir Kering dengan Madu di Bulan Ramadan