Sukses

Beauty

4 Tips Memilih Sampo untuk Rambut Kering dan Kusam

ringkasan

  • Rambut kering dan kusam disebabkan banyak hal.
  • Salah satunya terlalu banyak keramas.
  • Untuk mengatasinya, penggunaan sampo yang mengandung pelembap akan membantu mengatasi rambut kering.

Fimela.com, Jakarta Perawatan rambut tak akan pernah lepas dari perawatan kulit kepala. Pasalnya, rambut yang indah dan sehat berakar dari kulit kepala yang sehat pula. Namun, ada juga rambut kering dan kusam yang bukan disebabkan karena kesehatan kulit kepala dan kekurangan nutrisi. Melainkan dari sampo. 

Cara dan frekuensi keramas setiap orang berbeda-beda. Tidak jarang orang melakukan keramas setiap hari, bahkan setiap kali mereka mandi. Sayangnya, meski kulit kepala dan rambut terasa selalu bersih, mahkota alamimu juga bisa menjadi kering dan kusam. 

Menurut seorang hairstylist Courtney Foster, keramas terlalu sering bisa menyebabkan rambut kering. Sehingga, pemilik rambut berjenis kering dapat mengakalinya dengan keramas tidak terlalu sering. 

"Jadi, kalau seseorang memiliki rambut kering, bisa melewatkan keramas untuk 1-2 hari. Ini akan memmbuat minyak alami dari kulit kepala melembapkan rambut dengan cara alami," jelasnya kepada Women's Health Magazine. 

Namun, menurutnya, penting juga untuk memilih sampo tepat untuk rambut kering dan kusam. Salah pilih, rambut bisa bertambah kering dan akhirnya malah mudah patah. Lantas, bagaimana cara memilih sampo tepat untuk rambut kering dan kusam?

Pilih Sampo dengan Kandungan Moisture

Jangan hanya memilih sampo biasa. Untuk rambut kusam dan cenderung kering, pilihlah sampo yang bisa melembapkan rambutmu. Caranya, dengan memilih sampo dengan bahan-bahan yang bisa melembapkan. 

Seperti minyak buah pir, avokad, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Atau, kamu bisa menggunakan sampo khusus untuk rambut tebal yang sudah pasti mengandung zat moisturizer yang memudahkan rambut keriting dan tebal lebih mudah disisir dan diatur. 

Ekstrak Tanaman

Selain minyak alami, kandungan sampo yang bisa kamu pilih adalah sampo dengan eksrak tanaman. Seperti lavender, rosemary, chamomile dan jojoba. 

Produk Organik

Sampo yang mengandung bahan kimia serta alkohol cenderung memberikan efek kering pada rambut. Karena itu, sebaiknya untuk rambut kering dan kusam, Sahabat Fimela menggunakan produk perawatan rambut organik. 

Semoga dengan cara ini rambut keringmu bisa lebih lembap dan sehat. Jangan lupa untuk menggunakan masker rambut paling tidak seminggu sekali. 

 

#Growfearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta
Artikel Selanjutnya
Jakarta Menduduki Peringkat 9 di Dunia Terkait Polusi Udara, Data Menunjukan PSBB dan PPKM Tidak Berpengaruh