Sukses

Entertainment

5 Potret Penyanyi Dangdut Banyuwangi Suliyana, Pernah Viral Bawakan 'Cundamani' Dengan Aransemen Megah

Fimela.com, Jakarta Suliyana adalah penyayi asal Banyuwangi yang kerap membawakan lagu berbahasa Jawa maupun Osing. Belum ini sosok Suliyana viral karena dirinya yang membawakan lagu milik Denny Caknan “Cundamani”. Menariknya, Suliyana mengubah lagu tersebut dengan aransemen pop yang megah. 

Para penggemar Suliyana yang sudah lama mengikuti kisah dirinya pasti sudah tidak heran lagi. Kendati demikian, mungkin ada sebagian orang yang belum terlalu mengenal sosok penyanyi dangdut satu ini. Suliyana membangun karir dari nol hingga menjadi sosok dirinya yang saat ini.

Berikut kabar terbaru Suliyana, pedangdut cantik asal Banyuwangi yang kini tengah populer di dunia musik Tanah Air, dirangkum pada Jumat (26/04/2024).

Profil Singkat Suliyana

Nama lengkap Suliyana adalah Suliyana Edelweis Lestari, lahir pada tahun 1992. Ia berasal dari Banyuwangi dan memiliki keturunan campuran dari Kalimantan dan Solo. Ayahnya bernama Mohamad Dardiansyah, lahir dari Kalimantan Timur. Sedangkan Siti Aminah, ibunya, berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Suliyana menghabiskan masa kecilnya di Banjarmasin hingga menyelesaikan kelas 6 SD. Setelah itu, orang tuanya memilih untuk berpisah. Ibunya kemudian menikah kembali dengan seseorang dari Banyuwangi yang tinggal di Banjarmasin. Bersama ibunya, Suliyana kemudian pindah ke Banyuwangi.

Namun, hubungan pernikahan ibunya kembali berakhir. Ibunya memutuskan untuk menjadi ibu tunggal dan tetap tinggal di Banyuwangi sampai sekarang.

Perjalanan Karir Bernyanyi Suliyana

Suliyana sudah mulai bernyanyi sejak masih duduk di bangku SMP. Ia memulai karir profesionalnya saat duduk di bangku SMA. Suliyana memulai perjalanan kariernya di industri rekaman dan pembuatan video klip dengan menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Osing Banyuwangi. Hal ini dikarenakan industri musik berbahasa Osing berkembang pesat di Banyuwangi.

Sosok Suliyana yang produktif dengan terus menghasilkan karya-karya baru membuat dirinya semakin dikenal. Sampai saat ini, album rekaman miliknya sudah mencapai puluhan. Penggemarnya pun tak hanya dari dalam negeri namun ada juga yang dari luar negeri.

Kehidupan Pribadi Suliyana

Suliyana jatuh hati pada seorang pengusaha dermawan yang bernama Dio Arli Rahadi. Pernikahan mereka diadakan pada tanggal 27 November 2015. Kini, keduanya dikaruniai dua buah hati yang bernama Syakira Afkarina Rahadi dan Zhafran Kenzie Rahadi.

Bisnis yang Digeluti Suliyana

Suliyana mengembangkan minatnya di dunia fashion dan kuliner dengan mendirikan sebuah butik dan restoran. Suliyana sempat mengambil jeda dari karir menyanyi karena fokus pada bisnisnya dan tanggung jawab rumah tangganya.

Namun, atas permintaan yang sangat antusias dari para penggemarnya, dia akhirnya kembali ke YouTube untuk menyajikan lagu-lagu terbaru.

Suliyana Kini Aktif Membawakan Lagu dengan Aransemen Baru

Ibu satu anak kini muncul dengan penampilan yang lebih memukau. Gaya busananya simpel namun anggun, menjadikan penampilan Suliyana setara dengan para artis internasional.

Saat ini, ia menyanyikan lagu-lagu Jawa yang sedang populer saat ini seperti Cundamani, Nemu, Sadar Posisi, dan Jajalen Aku. Suliyana yang selalu menciptakan hal baru di setiap penampilannya membuat banyak dirinya semakin populer.

Suliyana Menikah dengan Siapa?

Suliyana memikat hati seorang pengusaha bernama Dio arli Rahadi. Pada tanggal 27 November 2015, mereka melangsungkan pernikahan.

Suliyana Penyanyi Apa?

Suliyana membawakan lagu-lagu Banyuwangi dengan aransemen yang bervariasi mulai dari dangdut, pop akustik, hingga ska. Suliyana mampu mengantarkan lagu berbahasa Osing 'naik kelas' dengan aransemen dan suara khasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading