Sukses

Health

5 Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi yang Penting untuk Diketahui

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus normal yang terjadi pada perempuan. Banyak orang dulu percaya mitos karena mereka tidak mengetahuinya. Penyebaran mitos biasanya karena pengaruh keluarga atau budaya.

Mitos dan fakta seputar menstruasi yang diturunkan dari generasi ke generasi, dari orang tua ke anaknya, dari orang tua ke orang yang lebih muda, dan dari mulut ke mulut antar teman atau kerabat, sudah tidak asing lagi di telinga kalangan perempuan. Faktanya, tidak sedikit perempuan yang mempercayai mitos tentang menstruasi, padahal tidak semua mitos itu benar adanya. Berikut merupakan mitos dan fakta seputar menstruasi yang banyak tersebar di masyarakat.

Keramas dan Memotong Kuku

Mitos : Saat sedang menstruasi, tidak diperbolehkan keramas dan memotong kuku.

Fakta : Keramas dan memotong kuku merupakan kegiatan yang disarankan karena bertujuan untuk menjaga kebersihan diri yang harus dilakukan secara berkala. Jika kebersihan diri kita terjaga, maka kita juga menjaga kesehatan tubuh. Jadi keramas dan memotong kuku saat menstruasi diperbolehkan.

Minuman Soda

Mitos : Mengkonsumsi minuman soda saat menstruasi dipercaya akan mempercepat menstruasi.

Fakta : Penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi soda tidak ada hubungannya dengan hormon dan faktor psikis lainnya. Jadi minuman soda tidak terbukti dapat mempercepat proses menstruasi.

Minuman Dingin

Mitos : Mengkonsumsi minuman soda saat menstruasi dipercaya akan memperlambat menstruasi.

Fakta : Secara medis, sistem pencernaan tidak ada kaitannya dengan sistem reproduksi. Sehingga mengkonsumsi minuman dingin tidak berpengaruh terhadap menstruasi.

Berenang

Mitos : Saat sedang menstruasi, tidak diperbolehkan untuk berenang. 

Fakta : Tidak ada larangan untuk berenang saat menstruasi oleh para medis. Namun, pastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang akan digunakan.

Olahraga

Mitos : Perempuan yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan untuk berolahraga

Fakta : Perempuan yang sedang menstruasi sangat disarankan melakukan olahraga ringan untuk membantu meringankan kram perut atau rasa nyeri yang dialami seperti yoga, pilates atau berjalan santai.

Banyak mitos di masyarakat yang masih diturunkan dari generasi ke generasi. Sebaiknya, pelajari lebih jauh terlebih dahulu dan jangan langsung menelan mitos secara mentah-mentah. Agar tubuh tetap sehat dan nyaman meski sedang menstruasi, alangkah baiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan tubuh. 

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading