Sukses

Health

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Masa Kehamilan Demi Perkembangan Janin Sempurna

Fimela.com, Jakarta Merawat kesehatan mental selama masa kehamilan adalah hal penting yang sering diabaikan. Seringkali ibu hamil hanya berfokus pada kesehatan fisik dan mengesampingkan kesejahteraan mental. Padahal kondisi mental seperti stres, cemas, dan depresi dapat berpengaruh pada perkembangan janin dan kesehatan mom.

Masalah pekerjaan, urusan rumah tangga dan hal lain yang seringkali menjadi penyebab stres harus ditangani dengan baik. Hati yang tenang akan memberi kenyamanan bagi mom dan janin. Melansir dari Parents berikut tips menjaga kesehatan mental selama masa kehamilan.

1. Olahraga

Olahraga ringan seperti jalan kaki berpengaruh pada kesejahteraan mental. Aktivitas fisik sendiri dapat meningkatkan mood sehingga mom lebih nyaman dan senang. Selain itu, jalan kaki dapat mengurangi risiko keguguran. Cobalah untuk rutin olahraga pagi untuk mengawali hari. Berkeliling lingkungan perumahan bisa jadi rutinitas baik.

2. Yoga

Relaksasi tubuh seperti yoga dapat membantu tubuh terasa nyaman dan meregangkan otot yang kaku. Tubuh nyaman akan membawa pada hati yang tenang sehingga yoga sangat baik untuk merawat kesehatan mental mom. Tambahan pijat dan akupuntur sering dilakukan untuk membantu meregangkan otot yang tanpa disadari mampu menangani kecemasan. Pastikan untuk konsultasi pada dokter sebelum melakukannya.

3. Berkomunikasi dengan Bayi

Memasuki usia 23 minggu janin dalam kandungan dapat mendengar suara mom. Berkomunikasi pada bayi sejak masa kehamilan dapat meningkatkan ikatan antara mom dan si kecil. Selain itu, kegiatan ini berpengaruh untuk membangun perasaan positif akan kehamilan. Mom akan lebih nyaman dan merasa dekat dengan calon buah hati.

4. Istirahat Cukup

Saat hamil tubuh akan mudah lelah dan membutuhkan banyak istirahat. Bila mom kurang istirahat, maka berpengaruh dengan suasana hati yang buruk dan pada akhirnya menyebabkan stres. Untuk itu pastikan untuk istirahat cukup dengan tidur 7-8 jam per hari. Tubuh yang fresh saat bangun tidur akan membangkitkan suasana hati ceria sehingga terhindar dari stres dan depresi.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan dengan gizi seimbang tidak hanya diperuntukkan pada perkembangan janin, namun juga kesejahteraan mental mom. Bila mom mengonsumsi makanan kurang gizi dengan waktu tidak teratur akan menurunkan kadar gula darah. Gula darah rendah mempengaruhi suasana hati sehingga mom akan lebih mudah marah. Maka dari itu, atur jadwal makan yang tepat dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Mental yang sehat akan berpengaruh pada perkembangan janin yang sempurna. Untuk itu, jaga kesehatan fisik dan mental secara seimbang tanpa mengesampingkan salah satunya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading