Sukses

Health

5 Kebiasaan Harian yang Membantu Menjaga Tubuh Sehat dan Berstamina

Fimela.com, Jakarta Tubuh bugar dan berstamina berasal dari aktivitas yang dilakukan secara rutin setiap hari. Tubuhmu mencerminkan gaya hidupmu. Bila sahabat Fimela kerap merasa lelah, lesu, dan tidak bersemangat bisa jadi disebabkan oleh pola makan tidak teratur, kekurangan nutrisi, atau kebiasaan harian yang tidak mampu mendukung kebugaran tubuh.

Memiliki tubuh bugar sangat penting agar aktivitas berjalan lancar dan tidak mudah sakit. Melansir dari Verywell Fit terdapat beberapa kebiasaan harian yang mendukung kebugaran tubuh agar bertenaga dan tidak mudah sakit. Berikut penjelasannya.

1. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Meski rasanya begadang dan nonton film kesukaan lebih menggoda, paksa tubuh untuk tidur selama 8 jam tiap malam. Kebiasaan ini akan membuat tubuh segar setelah bangun tidur. Tidur teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

2. Minum Air Saat Bangun Tidur

Menghidrasi tubuh setelah bangun tidur adalah hal kebiasaan sehat yang penting dilakukan. Minumlah setidaknya satu gelas air putih, namun jangan air dingin. Minum air tiap bangun tidur bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan dan menyiapkannya sebelum mulai mencerna makanan.

3. Memulai Hari dengan Peregangan

Tidak perlu dengan olahraga atau yoga selama beberapa jam, peregangan singkat selama 10 menit pun bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Melakukannya secara rutin tiap pagi bermanfaat untuk melenturkan otot, meningkatkan sirkulasi, dan membuat tubuh rileks. Penelitian menyatakan bahwa 10 menit peregangan yang dilakukan teratur membantu mengurangi kecemasan dan rasa sakit fisik.

4. Jangan Lewatkan Camilan

Camilan bukan musuh untuk berat badan bila menu yang dipilih sempurna untuk massa tubuh. Cobalah mengonsumsi camilan yang mengandung protein, serat, dan karbohidrat dalam jumlah seimbang. Mengonsumsi camilan akan membuat perut kenyang lebih lama dan menjaga stamina tubuh sehingga aktivitas tetap berjalan lancar tanpa merasa lelah.

5. Berjalan Kaki

Bekerja seharian di meja dan menatap layar komputer akan membuatmu kehabisan tenaga, merasa penat, dan tubuh kaku. Beri jeda untuk berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari. Jumlah ini adalah batas ideal untuk membuat tubuh bergerak dan meningkatkan stamina.

Tubuh sehat dan bugar diciptakan melalui kebiasaan harian. Tambahkan rutinitas olahraga setiap akhir pekan dan konsumsilah makanan sehat.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading