Sukses

Lifestyle

Obesitas Bisa Timbulkan Kanker, Benarkah?

Bintang.com, Jakarta Obesitas atau kelebihan berat badan memang memiliki keterkaitan langsung dengan berbagai penyakit. Seperti gangguan kardiovaskular, kolesterol tinggi, dan juga diabetes. 

Namun, ternyata ada 'efek samping' lain dari obesitas yang juga nggak kalah berbahaya untuk kesehatan. Dilansir darin Liputan6, obesitas ternyata juga bisa mengarah pada kanker. 

Hal ini sebenarnya disampaikan pada acara simposium "The Role of Nutriotion in The Prevention and Treatment of Obesity" di Hotel Aryaduta, Jakarta, pakar gizi Saptawati Bardosono. Liputan6 menulis, Saptawati menjelaskan keterkaitan obesitas dengan kanker. 

Menurutnya, pada tubuh orang obesitas akan teerjadi peningkatan eradangan dalam tubuh. Sehingga, radikal bebas muncul di tubuh. 

Peradangan ini juga menurutnya, dipicu oleh melonjaknya insulin ketika berat badan semakin naik. 

"Ketika seseorang obesitas, terjadi peningkatan peradangan dalam tubuh. Ini penanda biokimia, yang memunculkan radikal bebas di tubuh. Peradangan dipengaruhi penyimpanan lemak, yang dipicu lonjakan insulin--hormon yang dihasilkan pankreas untuk mengolah gula--dari konsumsi makanan manis," jelasnya seperti dikutip dari Liputan6.

 

Kanker Jenis Apa Saja?

Dilansir dari Cancer Research UK, ada beberapa jenis kanker yang biasanya muncul pada pasien obesitas. Sebuah studi menunjukkan, antara lain kanker payudara, perut, rahim, saluran pencernaan, pankreas, ginjal, liver, dan juga lambung. 

Tak hanya itu, banyak juga pasien obesitas yang mengidap kanker ovarium, tiroid, dan juga darah. Di antara semua kanker dalam daftar, ada beberapa jenis kanker yang paling sulit disembuhkan, salah satunya pankreas. 

;
Loading