Sukses

Lifestyle

6 Tips Mengurangi Stres karena Bekerja, Bisa Dicoba Sekarang

ringkasan

  • Bangun Hubungan yang Positif
  • Kembali Rutin Olahraga
  • Konsumsi Makanan Bernutrisi

Fimela.com, Jakarta Stres kadang tak bisa dihindari. Tapi kita bisa melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi stres. Dengan rutinitas bekerja yang padat dan jadwal yang sibuk setiap harinya, kita memang sangat rentan mengalami stres.

Bila selama ini kita sering merasa stres di tempat kerja, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Ada sejumlah tips yang bisa kita coba untuk mengurangi stres di tempat kerja. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Bangun Hubungan yang Positif

Dilansir dari snacknation.com, tips pertama untuk mengurangi stres di tempat kerja adalah dengan membangun hubungan yang positif baik dengan rekan kerja maupun dengan keluarga serta teman-teman dekat. Bila orang-orang di sektiar kita bisa membuat kita nyaman, secara tidak langsung akan memengaruhi kenyamanan kita dalam bekerja. Sehingga, kita pun tak gampang mengalami stres di tempat kerja.

2. Kembali Rutin Olahraga

Hayo, masih rutin olahraga nggak nih? Cobalah untuk kembali rutin olahraga. lahraga bisa meningkatkan suasana hati, menambah energi, dan mempertajam konsentrasi kita. Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga untuk mengurangi stres.

 

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Bisa dimulai dengan membatasi konsumsi gula berlebih. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk memperbaiki suasana hati. Hindari nikotin dan sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein.

4. Dapatkan Tidur Cukup Setiap Malam

Buat jadwal tidur setidaknya 8 jam setiap malam. Satu jam sebelum tidur, matikan dan nonaktifkan semua gadget untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Bekerja sudah setiap harinya sudah sangat menguras energi tubuh dan pikiran kita. Maka dari itu penting untuk memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup setiap harinya dengan baik.

5. Buat Prioritas yang Lebih Tertata Rapi

Ada baiknya jika kita memiliki jurnal harian. Sehingga kita bisa mengatur jadwal dan membagi prioritas jadi lebih tertata rapi. Kerjakan tugas atau pekerjaan berat di awal hari, lalu baru lanjutkan dengan melakukan berbagai hal lain sesudahnya. Jadwalkan juga pada pukul berapa saja perlu istirahat.

6. Jangan Terlalu Keras Menyiksa Diri Sendiri

Maksudnya kita perlu menyadari bahwa memang ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak bisa kita kendalikan. Bahkan kita mungkin tak bisa melakukan segalanya dengan sempurna dalam sekali coba. Coba atur ekspektasi yang lebih reliastis dan logis. Terlalu keras pada diri sendiri nantinya malah hanya akan membuat kita gampang stres.

Yuk, kita coba dari yang paling mudah terlebih dahulu. Semoga kita bisa tetap produktif bekerja dan tidak gampang stres lagi, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membuat Manisan Tomat Kering yang Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
6 Tips Mengelola Stres dari Ahli Gizi