Sukses

Lifestyle

Saat Stres, Hindari Mengonsumsi 3 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang stres, tubuh dan pikiran kadang seperti tidak sinkron. Sulit sekali untuk mengendalikan diri, termasuk dalam upaya mengendalikan nafsu makan. Tapi bila tak ingin stres makin parah, kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang kita konsumsi.

Ada bahan makanan tertentu yang sebaiknya dihindari saat sedang stres. Kalau pun sulit untuk menghindarinya, sebaiknya membatasi konsumsinya. Berikut tiga bahan makanan yang sebaiknya dihindari saat stres agar kondisimu tidak makin parah.

1. Kafein

Dilansir dari everydayhealth.com, minuman seperti kopi dan teh bisa bantu meningkatkan fokus dan konsentrasi mental bila dikonsumsi dalam kadar yang sedikit. Tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, efeknya bisa cukup negatif, seperti menyebabkan perasaan cemas dan malah makin stres. Molly Kellogg, LCSW, CEDRD, seorang ahli psikoterapi dan ahli gizi di Philadelphia mengungkapkan konsumsi kafein berlebihan bisa memperburuk kondisi stres yang dialami.

 

 

2. Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali tidak disarankan baik saat sedang stres maupun sedang tidak stres. Hanya saja kita sering mendengar anggapan bahwa stres bisa diatasi dengan minum minuman beralkohol untuk menenangkan saraf. Tapi yang sebenarnya terjadi adalah minum minuman beralkohol hanya akan menyulitkan kita meredakan stres dalam jangka waktu lama, bahkan membuat kita makin depresi. Belum lagi dengan pengaruh konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan penyakit kronis. Jangan sampai kita malah mengorbankan kesehatan kita karena kurang berhati-hati dalam memilih apa yang kita minum atau makan saat sedang stres, ya.

3. Gula Rafinasi

Gula rafinasi yang banyak dijumpai dalam kue kering, keik, dan permen bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan menurun dengan cepat. Saat sedang stres, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula rafinasi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada bulan Juli 2017 di Scientific Reports menemukan bahwa meningkatnya konsumsi gula rafinasi justru akan meningkatkan risiko depresi.

Ketika sedang stres, sebisa mungkin hentikan atau batasi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan-bahan di atas. Dengan lebih berhati-hati pada makanan dan minuman yang kita konsumsi, kondisi stres yang kita rasakan bisa reda dengan lebih cepat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Aroma yang Dapat Membantumu Mengatasi Kecemasan dan Stres
Artikel Selanjutnya
Bertahan pada Pekerjaan yang Penuh Tekanan, Ini 4 Dampaknya pada Tubuhmu