Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Ayam Goreng Kulit Kriuk tanpa Tepung

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat ayam goreng tapi tanpa tepung? Ingin menghasilkan ayam goreng yang kulitnya kriuk dan renyah? Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat ayam goreng kulit kriuk ini. Berikut tiga tips dasar yang bisa diikuti untuk membuat ayam goreng kulit kriuk yang enak. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Bersihkan Daging Ayam sampai Darahnya Benar-Benar Hilang

Kita bisa menggunakan ayam kampung, bisa juga ayam broiler. Dalam proses pembersihannya, pastikan darahnya benar-benar hilang karena berpengaruh terhadap rasa. Selain memastikan tidak berbau amis, daging ayam yang digunakan juga harus bersih dari sisa darah.

2. Daging Ayam Ditaburi Garam dan Didiamkan Sebentar

Tempatkan daging ayam di wadah atau piring. Taburi dengan sekitar 4 sdt garam sampai rata. Setelah itu, masukkan daging ayam ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit.

3. Ayam Direbus dengan Bumbu Ungkep

Misalnya, untuk memasak satu ekor ayam, kita perlu memakai bumbu ungkep yang terdiri dari 6 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar, 3 ruas jahe, 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, 3 batang serai, dan kunyit. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Bumbu bawang putih, ketumbar, dan jahe perlu dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian masukkan semua bahan bumbu ke dalam panci, lalu masukkan daging ayam, tambahkan air secukupnya. Rebus dengan api sedang sampai daging empuk dengan sesekali diaduk. Setelah bumbu mengental, ayam bisa digoreng dengan api sedang.

Tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba, ya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membersihkan Belut Sebelum Diolah dan Dimasak
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Membuat Acar Bawang Merah yang Segar