Sukses

Lifestyle

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga? Ini Kata Penelitian

Fimela.com, Jakarta Penderita diabetes memang tidak bisa semabarangan makan. makanan yang dikonsumsi sebaiknya tidak manis atau mengandung banyak gula. Banyak orang sudah tahu bahwa makan buah itu sehat, namun sepertinya banyak juga yang berpikir bahwa penderita diabetes tidak bisa makan sembarang buah meski diklaim sehat, salah satunya buah mangga.

Secara umum, sebesar 90% kalori dalam mangga berasal dari gula, itulah mengapa mangga kemungkinan bisa menaikkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Namun ternyata, penelitian yang dimuat dalam PubMed Central oleh peneliti asal University of Colombo menemukan bahwa kandungan serat dan berbagai macam antioksidan pada buah mangga mampu meminimalkan kenaikan gula darah dalam tubuh.

Kandungan sehat mangga untuk penderita diabetes

Ketika serat mangga memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, penelitian dalam Journal of Diabetes Investigation menemukan bahwa antioksidannya membantu menurunkan respon stres yang berhubungan dengan kenaikan kadar gula darah. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa makan mangga sebenarnya tidak berbahaya untuk penderita diabates.

Namun perlu diingat juga bahwa respon fisiologis setiap orang bisa berbeda-beda. Meskipun mangga dianggap sebagai makanan dengan karbohidrat sehat namun porsi yang bisa dikonsumsi juga harus dibatasi.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengaruh Sosial Jadi Penyebab Diabetes? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Bau Mulut Parah dan Banyak Gigi Berlubang, Bisa Jadi Tanda Diabetes