Sukses

Parenting

Rekomendasi Menu untuk Ibu Hamil yang Ingin Tetap Berpuasa Saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Sebagai umat islam, menjalankan ibadah puasa ramadan adalah wajib hukumnya. Seringkali saat hamil muncul rasa khawatir tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar. Aga ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar ada baiknya mom menjaga pola makan.

Memilih makanan yang tepat akan memberi nutrisi yang tepat bagi ibu hamil. Berikut ini adalah rekomendasi menu untuk ibu hamil saat ramadan. Simak rekomendasinya di bawah ini.

Pastikan menu dengan asupan gizi yang berimbang

Menu dengan kandungan nutrisi dan gizi yang berimbang sangat disarankan untuk ibu hamil yang sedang berpuasa. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin serta mineral yang lengkap.

Karbohidrat kompleks sangat disarankan

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat asupan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks sangat disarankan. Misalnya nasi merqah, gandum, oatmeal dan kacang-kacangan sangat disarankan.

2 dari 3 halaman

Pilihan menu makanan lainnya

Kurangi makanan yang manis

Godaan saat puasa adalah mengonsumsi makanan manis, misalnya kolak, aneka es buah, dan makanan manis lainnya. Makanan manis memang dapat meningkatkan kadar gula yang turun selama puasa, namun juga dapat menurunkan kadar gula dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan mom akan mudah lemas jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

Hindari makanan yang berlemak tinggi

Alih-alih makan makanan yang berlemak, ada baiknya mom meningkatkan makanan yang banyak mengandung protein tinggi. Namun yang perlu diketahui, lemak tidak selalu buruk ada lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak yang ada pada alpukat, kacang-kacangan, ikan dan lain-lain.

Perbanyak konsumsi air putih

Saat puasa sebaiknya minum air 1.5-2 liter sehari. Air putih yang cukup dapat membantumu tetap terhidrasi. Hindari minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik.

Mom, demikian makanan yang disarankan untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan puasamu berjalan lancar.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Kulit Kering Saat Puasa dengan Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Ramadan 2019, Fatin Kembali dengan Lagu Religi Bersyukurlah