Sukses

Parenting

Tips Lancarkan Haid dengan Aman dan Super Efektif

Fimela.com, Jakarta Perempuan yang normal pasti akan mengalami haid setiap bulannya. Haid yang normal berulang setiap 21 sampai 35 hari dengan rata - rata setiap 28 hari. Karena satu atau hal yang lain, ada perempuan yang tidak lancar haidnya.

Haid yang tak lancar ini umumnya disebabkan karena kadar hormon estrogen dan progestron perempuan yang tidak seimbang. Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tidak lancarnya haid seseorang.

Ada beberapa solusi untuk haid yang tak lancar. Seperti yang berikut ini Sahabat Fimela:

  • Yang pertama adalah banyaklah istirahat. Peningkatan hormon kortisol pada saat stres dapat mempergaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron tubuh. Ini akan menyebabkan haid yang tak lancar. Istirahat yang cukup akan menjaga hormon bekerja dengan baik dan seimbang.
  • Selanjutnya, rajinlah berolahraga. Tidak perlu yang berat, olahraga yang ringan seperti jalan kaki, jogging, berenang atau yoga akan membantu melancarkan aliran darah dan bikin haid teratur.
  • Beberapa makanan ternyata bisa bantu haid makin lancar lho. Makanan asam, buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan dipercaya mampu membuat haid lancar.
  • Selain itu konsumsi jamu tradisional seperti kunyit asam akan membantu lancarkan haid. Kunyit sejak zaman dahulu telah dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Jamu kunyit dianjurkan untuk dikonsumsi minimal satu kali sehari pada saat haid agar lancar.

Nah, semoga tips ini menginspirasi ya Sahabat Fimela. Selamat mencoba.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Muncul Bercak Cokelat Menjelang Haid, Apakah Bahaya?
Artikel Selanjutnya
Saat Haid, Hindari Konsumsi Produk Susu Sapi dan Olahannya