Sukses

Parenting

Cara Mengobati Amandel pada Anak dengan Cepat secara Alami tanpa Operasi

Fimela.com, Jakarta Radang amandel adalah penyakit yang dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Penyakit amandel pada anak-anak bisa disebabkan oleh virus maupun infeksi bakteri.

Ada berbagai pengobatan yang bisa kamu lakukan tanpa harus melewati tindakan operasi. Berikut kami akan berikan tips cara mengobati amandel pada anak dengan cepat secara alami tanpa operasi.

Cara Mengobati Amandel pada Anak

Amandel yang dialami anak berusia di bawah 5 tahun biasanya disebabkan oleh virus. Sedangkan pada anak usia 5-15 tahun, radang amandel lebih banyak disebabkan oleh infeksi bakteri. Berikut adalah cara mengobati amandel pada anak.

Perbanyak istirahat

Ketika amandel meradang, salah cara mengobati amandel pada anak yang bisa kamu praktikkan ialah dengan memperbanyak istirahat. Istirahat menjadi cara yang efektif untuk memulihkan kondisi tubuh yang tidak sehat.

Konsumsi makanan yang lembut

Ketika radang amandel menimpa anak-anak, hal itu akan menyebabkan anak menjadi susah makan karena timbul rasa nyeri saat menelan. Untuk itu, cara mengobati amandel pada anak dapat berupa memberikan makanan yang lembut dan mudah ditelan, seperti sup, bubur atau nasi tim.

Perbaiki kualitas udara

Salah satu cara mengobati amandel pada anak yakni dengan menciptakan kualitas udara yang baik di rumah. Saat anak mengalami radang amandel, jauhkanlah ia dari paparan polusi seperti debu, asap rokok, dan asap kendaraan. Bila perlu gunakan humidifier untuk melembabkan dan membersihkan udara yang kotor.

Cara Mengobati Amandel dengan Buah

Beberapa buah dipercaya dapat digunakan sebagai cara mengobati amandel, karena mengandung sejumlah kandungan zat dan nutrisi yang baik untuk meminimalisir peradangan dan membunuh virus atau bakteri penyebab peradangan. Yuk, simak tips cara mengobati amandel dengan buah.

Jambu biji

Salah satu buah yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati amandel adalah jambu biji, yang mengandung vitamin c dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan radang amandel. Berikut cara mengobati amandel dengan buah jambu biji:

  1. Siapkan satu buah jambu biji matang yang telah dicuci
  2. Kupas kulit buah dan potong menjadi bagian-bagian kecil
  3. Blender buah yang telah dikupas kulitnya, lalu tambahkan air secukupnya
  4. Tambahkan es batu dengan sedikit gula atau madu
  5. Blender hingga halus
  6. Cara ini bisa kamu lakukan 2 kali sehari dan konsumsilah secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki sifat antivirus, antibakteri dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan amandel dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi dari virus atau bakteri. Berikut cara mengobati amandel menggunakan jeruk nipis:

Cara pertama

  1. Siapkan segelas air hangat
  2. Tambahkan perasan 1 buah air jeruk nipis atau lemon
  3. Tambahkan sedikit garam dan dua sendok teh madu

Cara kedua 

  1. Potong 2 buah jeruk nipis atau lemon
  2. Beri sedikit garam halus pada permukaannya
  3. Sedot permukaan buah sedikit demi sedikit.

Salah satu cara tersebut bisa kamu lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Buah ara (tin)

Buah ara bisa digunakan sebagai cara mengobati amandel dengan buah, karena mengandung lendir mucilage yang berkhasiat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Rebus 3 buah ara dengan air bersih
  2. Masak, ambil dan haluskan buah
  3. Tambahkan satu sendok madu asli
  4. Konsumsilah dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari

Cara Mengobati Amandel secara Alami

Gejala amandel biasanya memerlukan antibiotik untuk mengatasinya. Namun jangan kuatir, kami akan berikan rekomendasi cara mengobati amandel secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

Cuka sari apel

Salah satu cara mengobati amandel secara alami yakni dengan berkumur menggunakan cuka sari apel. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir hangat. Selanjutnya berkumurlah dengan menengadahkan kepala, ulangi hal ini tiga kali sehari untuk mengurangi batu amandel.

Kunyit

Kunyit bisa menjadi salah satu cara mengobati amandel secara alami, karena kunyit bersifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat melawan infeksi radang amandel dan meredakan gejala iritasi.

Campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam, kemudian aduk hingga merata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur dengan menengadahkan kepala, lakukan saat pagi dan sore hari.

Selain itu, kamu bisa juga mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam ke dalam segelas susu hangat yang dikonsumsi sebelum tidur untuk mempercepat penyembuhan.

Kayu manis

Selain cuka sari apel dan kunyit, kayu manis bisa juga kamu aplikasikan menjadi cara mengobati amandel secara alami. Kayu manis bersifat anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya pada amandel, serta mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Cara yang harus dilakukan yakni dengan menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh madu ke dalam segelas air panas, lalu aduk sampai tercampur. Minum ramuan ini sedikit demi sedikit selagi hangat, sebanyak dua sampai tiga kali sehari selama seminggu.

Cara Mengobati Amandel dengan Cepat

Radang amandel yang belum parah, tidak memerlukan tindakan operasi. Supaya amandelmu tidak semakin parah, berikut kami rekomendasikan cara mengobati amandel dengan cepat.

Berkumur dengan air garam

Berkumur menggunakan air garam bisa menjadi salah satu cara mengobati amandel dengan cepat. Berkumur dengan air garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan, mengurangi peradangan dan mengobati infeksi.

Minum teh hangat dengan madu

Selain berkumur dengan air garam, kamu bisa mencoba meminum teh hangat dengan madu sebagai cara mengobati amandel dengan cepat. Madu yang ditambahkan pada teh hangat memiliki sifat anti-bakteri yang kuat, serta dapat membantu mengobati infeksi penyebab tonsilitis.

Cara Mengobati Amandel tanpa Operasi

Tidak semua penderita radang amandel perlu menjalani tonsilektomi, ada sejumlah cara mengobati amandel tanpa operasi yang bisa ditempuh. Berikut adalah tipsnya.

Meminum obat pereda nyeri

Bila rasa sakit yang ditimbulkan radang pada amandel sudah tidak tertahankan lagi, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen sebagai cara mengobati amandel tanpa operasi.

Banyak minum air

Banyak minum air utamanya air hangat, akan menjaga tenggorokan dan amandel tetap lembab. Air hangat bisa menjadi salah satu cara mengobati amandel tanpa operasi, karena air hangat akan membantu menenangkan tenggorokan.

 

Nah, ada banyak cara mengobati amandel tanpa harus melalui operasi yang bisa kamu praktikkan. Selamat mencoba ya..

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading