Sukses

Entertainment

Fakta Menarik Umay Shahab, Dulunya Artis Cilik Namun Kini Sukses Jadi Sutradara dan Produser

Fimela.com, Jakarta Umay Shahab, yang dulu dikenal sebagai seorang artis cilik, memulai karirnya pada usia 5 tahun. Pada tahun 2022, ia mencuri perhatian masyarakat Indonesia melalui karyanya dalam sebuah film yang disaksikan oleh jutaan orang. Selain itu, ia juga membintangi film lain yang juga sukses disaksikan oleh jutaan penonton.

Kesuksesannya merupakan hasil dari kerja keras dan konsistensinya. Umay telah terlibat dalam dunia akting sejak kecil dan terus berkembang menjadi individu yang lebih baik hingga saat ini. Dari awal karirnya sebagai seorang anak, Muhammad Arfiza Shahab, yang lebih dikenal dengan nama Umay Shahab, berhasil mencapai kesuksesan sebagai sutradara dan produser.

Jika Anda penasaran dengan Umay Shahab, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang dirinya. Dirangkum Senin  (08/04/2024). 

Mempunyai Hubungan Persaudaraan dengan Nabi Muhammad SAW

Ternyata, Umay Shahab berasal dari keluarga yang istimewa. Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui bahwa Umay masih memiliki hubungan keluarga dengan Nabi Muhammad SAW, yaitu dari keturunan Alawiyyin. Alawiyyin merujuk kepada sekelompok orang yang memiliki silsilah langsung dari Nabi Muhammad SAW melalui Alawi bin Ubaidillah.

Berawal Tidak Disetujui Berkarier di Industri Hiburan

Awalnya, ibu Umay merasa ragu dengan pilihan putranya untuk terjun ke dunia hiburan. Namun, setelah melihat bakat yang dimiliki anaknya, akhirnya ia memberikan izin kepada Umay untuk mengikuti casting. Tanpa diperkirakan sebelumnya, Umay berhasil lolos casting sebagai pemain sinetron. Seiring berjalannya waktu, Umay semakin berani mengembangkan karirnya sebagai penyanyi dengan ikut serta dalam perlombaan tarik suara, seperti Idola Cilik Seleb, dan berhasil meraih juara dalam ajang tersebut.

Pernah Mengikuti Ajang Tarik Suara Idola Cilik Seleb

Dia membangun karirnya sebagai penyanyi dengan mengikuti kompetisi bernyanyi, yakni Idola Cilik Seleb. Dia berhasil menjadi juara dalam kompetisi tersebut.

Mengeluarkan Film Bioskop Kukira Kau Rumah

Film berjudul Kukira Kau Rumah dijadwalkan untuk dirilis di bioskop pada tanggal 3 Februari 2022. Sutradara Umay Shahab menyampaikan pesan tentang kesehatan mental dalam arahannya, sebuah topik yang saat ini menjadi perbincangan umum namun sering kali diabaikan. Film ini berhasil menarik lebih dari 2 juta penonton.

Umay Berperan sebagai Penulis, Produser, dan Sutradara untuk Serial Web

Umay Shahab adalah seorang mantan artis cilik yang memulai karirnya pada usia 5 tahun. Saat ini, Umay telah dewasa dan bahkan telah masuk ke dunia perfilman sebagai sutradara dan penulis naskah sejak tahun 2016. Dia terlibat dalam pembuatan film pendek berjudul CINTA DI BALIK AWAN dan juga film layar lebar berjudul KUKIRA KAU RUMAH yang dirilis pada tahun 2022.

Membuat Sebuah Lagu Tunggal yang Berjudul Senam Kesegaran Jasmani (SKJ)

Pada tahun 2010, dia mengeluarkan album yang bernama Umay. Dia menonjolkan lagu SKJ dari album tersebut. Album ini berhasil terjual sebanyak 250 ribu kopi dan meraih penghargaan triple platinum.

Menjadi Album Musik Terbaik untuk Anak-Anak di AMI

Sebagai seorang seniman cilik, Umay telah sukses memenangkan Anugerah Musik Indonesia (AMI) pada tahun 2011 dalam kategori Album Lagu Anak-Anak dan Artis Solo Laki-Laki Anak-Anak Terbaik. Pada tahun berikutnya, dia kembali meraih penghargaan AMI 2012 dalam kategori Artis Solo Laki-Laki Anak-Anak Terbaik.

Terlahir dari Keluarga yang tidak Berkecimpung di Industri Hiburan

Ayah Umay Shahab adalah Said Hanafi Shahab. Berbeda dengan Umay yang berkecimpung dalam dunia hiburan, ayahnya bekerja sebagai karyawan swasta. Sedangkan, ibunya bernama Yahni Dahmayanti dan memiliki darah Betawi. Namun, pekerjaan ibu Umay tidak dapat dipastikan.  

Berhasil Memasarkan 5 Film dan 4 Series yang ia Garap

Setelah sukses membangun karier sebagai seorang aktor, kini Umay Shahab juga mendapatkan penghargaan dari publik atas prestasinya sebagai seorang sutradara. Aktor yang memulai kariernya di dunia hiburan sejak usia muda ini diakui memiliki bakat di bidang penyutradaraan. Tidak main-main, Umay telah menciptakan karya-karya berkualitas tinggi dengan arahan yang diberikannya. Prestasinya berhasil mencuri perhatian penonton, bahkan di tingkat internasional. Berikut adalah lima film dan serial yang disutradarai oleh Umay Shahab. Kemampuannya dalam memerankan peran sebagai sutradara telah berhasil menarik perhatian jutaan penonton.  

Berhasil Menyelesaikan Pendidikan S1

Di tengah kesibukannya sebagai aktor dan sutradara, seorang pria berusia 23 tahun ini berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana. Momen wisuda dari mantan artis cilik tersebut dibagikan melalui akun Instagram resminya yang telah diverifikasi. Dari foto sertifikat yang ditampilkan, terlihat bahwa Umay sekarang resmi memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi. Selain lulus, Umay juga mendapat predikat pujian atau cumlaude.

Apakah Umay Shahab adalah Keturunan Nabi Muhammad?

Tidak sembarangan, Umay masih memiliki hubungan keluarga dengan Nabi Muhammad SAW, tepatnya dari keluarga Alawiyyin.

Siapa Orang Tua Umay?

Ayahnya adalah Said Hanafi Shahab, seorang karyawan swasta, dan ibunya adalah Yahni Dahmayanti, seorang orang Betawi.

Mengapa Dia Dipanggil Umay?

Pertama kali dia dipanggil Umay adalah saat masih dalam kandungan ibunya. Saat itu, ibunya sering membaca buku yang menceritakan tentang khalifah Islam, Umar bin Khattab.

Di Jurusan Apa Umay Kuliah?

Muhammad Arfiza Shahab, pemilik nama lengkap ini, merupakan alumni Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina.

Siapakah Inarah Syarafina?

Inarah Syarafina, yang sebelumnya dikenal sebagai desainer produksi di beberapa serial produksi Sinemaku Pictures dan sebagai asisten sutradara di film "Kukira Kau Rumah", kini akan mencoba peran baru sebagai sutradara untuk film panjang. Inarah akan mengarahkan film horor "Temurun" yang diproduksi oleh Sinemaku Pictures.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading