Sukses

Health

5 Alasan dan Cara Mengatasi Gampang Mengantuk dan Lelah selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa tubuh seakan tak bertenanga dan selalu mengantuk selama menjalani puasa Ramadan? Bukan hanya disebabkan oleha bergantinya jadwal tidur, tapi ternyata ada banyak penyebab lain mengapa kita bisa merasa mengantuk dan lelah sepanjang hari, sekaligus begini cara mengatasinya.

1. Berlebihan makan makanan manis dan asin

Makanan tinggi gula, garam dan minyak cenderung mudah membuat perut lapar dan bahkan menyebabkan mengantuk. Meskipun sudah tidur dengan cukup, tapi jika pola makan tidak diperbaiki, masih sangat memungkinkan tubuh mudah merasa lelah dan tidak bertenaga sepanjang hari.

2. Kurang makan makanan yang bergizi

Tubuh membutuhkan nutrisi bukan hanya kalori. Jika tubuh diberi asupan makanan sehat, kaya serat, vitamin dan mineral yang cukup, maka tubuh tidak akan merasa mudah lelah dan mengantuk karena tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal karena memiliki bekal nutrisi yang didapat dari makanan.

3. Kurang tidur

Tentu ini menjadi salah satu alasan utama seharian merasa mengantuk dan lelah. Atasi dengan cara mengganti waktu tidur di siang hari atau segera tidur sebelum jam 9 malam. Pola tidur yang baik dan cukup tidak akan membuatmu merasa kelelahan dengan cepat atau pun mengantuk seharian.

4. Kurang olahraga

Olahraga ternyata juga memegang peran penting dalam menjaga energi tubuh seharian. Olahraga memberikan tubuh simpanan energi untuk digunakan selama puasa. Orang yang tidak pernah olahraga pasti akan mudah merasa lelah dan mengantuk karena kurang terlatih secara fisik.

5. Kurang minum air putih

Tentu saja kamu tak bisa melakukannya saat sedang puasa di siang hari. Namun usahakan memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh selama waktu berbuka puasa hingga sahur. Dehidrasi atau kurangnya cairan mudah sekali membuat tubuh lesu dan lelah sepanjang hari.

Jadi, itu dia alasan kamu merasa mengantuk dan lelah sepanjang hari. Manakah alasan yang cocok dengan permasalahanmu saat ini Sahabat Fimela?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading