Sukses

Health

5 Tanda Bahwa Tubuh Mengalami Dehidrasi

Fimela.com, Jakarta Menjaga hidrasi tubuh merupakan hal yang penting untuk kesehatan. Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal. Sayangnya, saat ini banyak sekali orang-orang yang melupakan pentingnya air untuk kesehatan. 

Jika tubuh sudah sangat kekurangan cairan maka dapat menyebabkan dehidrasi kronis. Hal ini tentu sangat berdampak negatif untuk kesehatan dan dalam beberapa kasus dapat mengancam nyawa. Penting untuk mengetahui tanda – tanda bahwa tubuh mungkin mengalami dehidrasi. Dilansir dari healthline (14/7) ini tanda – tanda bahwa kamu mengalami dehidrasi

Urin berwarna gelap

Jika kamu tidak minum cukup air, maka akan berdampak pada urin yang berwarna lebih gelap dan jarang membuang air kecil. Urin gelap menandakan bahwa tubuh menyimpan lebih banyak air dan tidak mengeluarkannya ke dalam bentuk urin. Hal ini menandakan bahwa hidrasi dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.

Sakit kepala

Kamu mungkin sering mengalami sakit kepala ketika pasokan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi. Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan peregangan saluran darah di otak sehingga menyebabkan sakit kepala. Dengan meningkatkan asupan air maka dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala pada orang yang sering migrain. 

Tekanan darah yang rendah

Tekanan darah rendah biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami dehidrasi secara signifikan. Dehidrasi menyebabkan volume darah rendah karena jumlah cairan dalam kapiler, vena, arteri dan bilik jantung rendah. Jika sudah mengalami ini maka ini menandakan bahwa dehidrasi sudah parah dan bisa berbahaya, pastikan untuk segera pergi ke kerumah sakit. 

Sulit konsentrasi

Dehidrasi dapat merusak memori jangka pendek, suasana hati dan juga konsentrasi. Kurangnya cairan akan berdampak buruk pada otak dan mengurangi kemampuan konsentrasi. Selain itu dehidrasi juga berdampak negatif dengan suasana hati dan kinerja kognitif sehingga mengurangi tingkat produktivitasmu. 

Debaran jantung tidak normal

Dehidrasi menyebabkan gejala jantung yang berdebar yang tidak teratur. Kurangnya cairan pada tubuh selain berdampak pada otak tetapi berdampak juga pada kesehatan jantung. Dehidrasi dapat mengganggu fungsi kerja jantung dengan mempengaruhi fungsi pembuluh darah dan mengubah tekanan darah. Hal ini menyebabkan berkurangnya jumlah darah yang dipompa keluar dari jantung. 

Sahabat Fimela, demikian tanda bahwa tubuhmu sudah mengalami dehidrasi. Pastikan untuk selalu mengkonsumi air putih yang cukup untuk kesehatan. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading