Sukses

Health

5 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi Lewat Aktivitas Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Kolesterol yang tinggi dalam tubuh, bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang bahkan bisa memicu kematian. Sebenarnya, menjaga kadar kolesterol di batas ambang wajar bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah. Salah satunya yakni dengan menerapkan aktivitas harian yang tepat. 

Dari laman healthline.com, sedikitnya ada lima cara ampuh yang bisa mencegah kolesterol tinggi. Cara ini bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Ini juga bisa menjadi aktivitas atau rutinitas yang boleh dilewatkan begitu saja. Apa saja kiranya cara ampuh tersebut? Mari simak yang berikut ini.

Menerapkan Diet Sehat

Konsumsi makanan rendah lemak jenuh, kaya serat, dan tinggi nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan berlemak bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Menerapkan diet sehat di kehidupan sehari-hari, adalah aktivitas terbaik untuk mencegah naiknya kadar kolesterol. Ini bahkan bisa menurunkan dan mengatasi risikonya dengan lebih baik.

Olahraga Teratur

Aktivitas fisik teratur membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). aktivitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti aerobik, jalan kaki, berlari, atau berenang. Menjaga pikiran agar senantiasa bahagia dengan meditasi dan yoga, juga bisa bantu menurunkan risiko kolesterol tinggi dalam tubuh.

Stop Merokok

Merokok bisa merusak dinding pembuluh darah. Ini juga meningkatkan risiko pembentukan plak. Berhenti merokok adalah langkah penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular termasuk naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Meski awalnya sulit, membiasakan diri untuk berhenti merokok tetap bisa dilakukan selama kamu punya niat dan tekat kuat.

Periksa Kesehatan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan rutin, termasuk mengukur kadar kolesterol, akan membantu mendeteksi masalah kesehatan ini sejak dini. Hal ini snagat memungkinkanmu untuk melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan secara menyeluruh ya Sahabat Fimela. 

Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan yang ideal melalui pola makan seimbang dan aktivitas fisik, adalah kunci untuk mencegah kolesterol tinggi. Pasalnya, kolesterol tinggi sangat erat kaitannya dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Ini juga sangat terpengaruh oleh gerak tubuh seseorang yang kurang setiap harinya. 

Penting diketahui, kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang serius dengan konsekuensi yang dapat membahayakan hidup. Jadi, pastikan untuk memantau kondisi ini dengan teliti dan lebih jeli. Selalu miliki pola hidup sehat dan lakukan berbagai pencegahan untuk menurunkan risikonya. Fisik dan psikis yang sehat, adalah aset paling berharga dalam hidup. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading