Sukses

Health

Tidak Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Hindari Konsumsi 5 Minuman Ini

Fimela.com, Jakarta Umumnya, kebanyakan individu fokus mereka pada jenis makanan yang dikonsumsi pertama kali di pagi hari ketika perut masih kosong. Contohnya, makanan yang pedas sebaiknya dihindari saat perut masih kosong untuk mencegah terjadinya peningkatan asam lambung.

Meski demikian, tidak hanya makanan yang perlu diperhatikan, tetapi juga jenis minuman yang diminum saat perut kosong. Ini karena beberapa orang sering mengonsumsi minuman seperti kopi atau teh sebagai pengganti sarapan. Kebiasaan ini dapat berpotensi menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari sebelum sarapan, disusun pada hari Senin, 29 April 2024.

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda berpotensi menyebabkan perut kembung atau begah karena asam karbonat yang terkandung di dalamnya bereaksi dengan asam lambung. Ketika dikonsumsi di kondisi perut kosong, minuman bersoda juga dapat merusak lapisan lendir saluran pencernaan.

2. Yoghurt

Walaupun yoghurt adalah salah satu sumber prebiotik, namun ternyata yoghurt tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan asam lambung dalam perut yang belum terisi makanan dapat merusak kandungan bakteri baik yang terdapat dalam yoghurt.

3. Kopi

Banyak individu menikmati kopi pada pagi hari bahkan di saat belum makan. Namun, kebiasaan ini tidak disarankan untuk kesehatan. Sebab, minum kopi saat lambung kosong dapat meningkatkan tingkat keasaman lambung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti maag bagi beberapa orang.

4. Jus Jeruk

Minum jus jeruk saat perut belum terisi mungkin dapat mengganggu lambung. Hal tersebut karena minum jus jeruk atau langsung mengonsumsi buah jeruk saat perut kosong dapat merangsang produksi asam lambung.

5. Air Es

Air es tidak disarankan untuk diminum saat perut kosong karena memiliki potensi mengganggu pencernaan. Sebagai alternatifnya, lebih baik minum air putih hangat atau air biasa jika belum makan apa pun.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Perut Kosong Boleh Minum Apa?

Minum air putih saat perut belum terisi makanan bisa memperlancar laju metabolisme tubuh.

Bolehkah Minum Jus Buah dalam Keadaan Perut Masih Kosong?

Menurut laporan dari Healthshots, konsumsi jus buah dapat meningkatkan beban pada pankreas jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, tanpa diimbangi dengan konsumsi makanan.

Minuman Apa yang Cocok untuk Sarapan?

Minuan yang cocok untuk sarapan diantaranya, ada teh hijau, smoothies, jus sayur.

Kenapa Tidak Boleh Minum Teh saat Perut Kosong?

Minum teh saat bekum mengonsumsi makanan apapundapat mengganggu keseimbangan asam dan basa dalam lambung.

Apakah Boleh Minum Air Kelapa pada Saat Perut Kosong?

Air kelapa menjadi pilihan yang tepat diminum saat berbuka, bahkan ketika perut kosong di pagi hari. Ini karena kandungan asam lauratnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading