Sukses

Lifestyle

Tips agar Kuah Sayur Asem Bening dan Sayurnya Tidak Berubah Warna

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika membuat sayur asem, beberapa orang menyukai sayur asem dengan kuah keruh dan ada juga yang lebih suka kuah bening. Terkadang jika melihat kuah sayur yang bening memang lebih berselera karena lebih tampak segar dan tidak tampak kotor.

Jika ingin membuat sayur asem namun dengan kuah bening dan sayurnya tetap berwarna cerah, ini dia caranya.

1. Bumbu jangan dihaluskan

Bumbu sayur asem cukup diiris tipis saja, tak pelru dihaluskan karena bumbu halus hanya akan membuat kuah sayur asem menjadi keruh dan bahkan kehitaman sehingga tak enak dipandang.

2. Masak sayurnya lebih dulu

Ada beberapa bahan dalam sayur asem yang butuh waktu lama untuk dimasak seperti misalnya jagung dan labu siam. Untuk sayur-sayuran hijau dan mudah matang sepert kol dan kacang panjang, masukkan setelah sayur yang keras dan tebal sudah setengah matang. Cara ini akan mengurangi risiko sayuran hancur dan mengotori kuah.

3. Masukkan bumbu terakhir

Masukkan bumbu di bagian akhir, terutama setelah air mendidih karena bumbu cepat matang dan cepat memberi rasa sedap. sekaligus mencegah membuat kuah keruh karena bumbu.

4. Ganti asam jawa dengan blimbing sayur

Seringkali yang membuat kuah keruh adalah penggunaan asam jawa. Ganti asam jawa dengan belimbing sayur, bisa juga menambahkan mentimun atau tomat. Masukkan di akhir bersama bumbu lain.

5. Jangan merebus terlalu lama

Kesalahan yang sering dilakukan ketika masak sayur adalah memasaknya terlalu lama. Cara ini membuat warna sayuran berubah. Cukup hingga sayuran empuk, segera angkat.

Itu dia sekian cara agar sayur asem tidak berkuah keruh dan sayurannya tidka berubah warna. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading