Sukses

Lifestyle

Berat Badan Tak Kunjung Turun? Berikut Rekomendasi Makanan Sebelum dan Setelah Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara terbaik untuk menurunkan berat badan? Banyak orang berpikir bahwa cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga keras dan mempertimbangkan waktu makan saat sebelum olahraga dan setelah berolahraga.

Sebenarnya kunci untuk mendapatkan dan mempertahankan tubuh yang dieal adalah kombinasi dari olahraga teratur dan makan makanan yang tepat di waktu yang tepat.

Dilansir dari shape.com kamu tidak boleh sembarangan memilih makanan saat sedang giat berolahraga, karena jika salah pilih makanan bisa jadi usaha yang kamu lakukan menjadi sia-sia. Simak makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi pada saat sebelum dan sesudah berolahraga berikut ini. 

Mengapa penting untuk menyantap makanan sebelum berolahraga?

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh membakar jumlah lemak yang sama. Namun, jika kamu secara teratur berolahraga dengan keadaan perut yang kosong maka hal ini dapat menyebabkan hilangnya otot.

Alasannya adalah, ketika kamu merasa lapar, tubuh akan beralih mengambil protein dari otot alih-alih dari ginjal dan hati, dimana ginjal dan hati menjadi tempat pencarian protein. Ketika ini terjadi, kamu akan kehilangan massa otot, yang pada akhirnya dapat memperlambat metabolisme dan mempersulit kamu untuk menurunkan berat badan. Belum lagi, jika kamu berolahraga dengan perut kosong, kamu tidak memberi diri kamu bahan bakar yang kamu butuhkan sebagai sumber kekuatan selama kamu berolahraga. 

Jadi, apa yang sebaiknya dikonsumsi sebelum berlahraga?

Pilih beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Kuncinya adalah memiliki campuran karbohidrat kompleks dan sederhana sehingga pelepasan energi selama berolahraga stabil.

Berikut adalah beberapa makanan dan camilan sebelum berolahraga terbaik untuk tetap berenergi selama latihan.

  • Nasi merah dengan kacang hitam

  • Ubi jalar kecil dengan brokoli kukus yang ditambahkan minyak zaitun

  • Pisang dengan mentega almond

  • Apel dengan mentega almond

  • Berbagai macam makanan yang terbuat dari gandum

  • Oatmeal yang mudah dikreasikan Apel dan kenari

  • Roti panggang gandum dengan irisan pisang dan sedikit kayu manis

  • Yoghurt dengan campuran trail

Setelah berlahraga, apakah baik jika kita langsung menyantap makanan? Selama berolahraga, tubuh memanfaatkan glikogen (bahan bakar yang tersimpan di otot) sebagai energi. Di menit-menit terakhir latihan, otot-otot akan kehabisan simpanan glikogennya dan dihancurkan. Maka, menyantap makanan atau minum sesuatu yang menggabungkan protein dan karbohidrat 30 menit hingga satu jam setelah latihan akan mengisi ulang cadangan energi, membangun dan memperbaiki otot-otot yang rusak, serta membantu menjaga metabolisme agar tetap kuat.

Semakin cepat kamu mulai mengisi bahan bakar, maka akan semakin baik bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tubuh untuk mengisi kembali cadangan otot berkurang hingga 50 persen jika kamu menunggu untuk makan hingga dua jam setelah latihan dibandingkan dengan makan saat itu juga. Tidak ada salahnya jika kamu membawa bekal makanan atau minuman yang bisa langsung dikonsumsi setelah berolahraga.

Makanan seperti apa yang baik dikonsumsi setelah berlahraga?

Menurut Journal of International Society of Sports Nutrition, mengkonsumsi protein dan sedikit karbohidrat setelah berolahraga adalah cara terbaik.Kamu bisa mencoba berbagai ide makan yang tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya setelah berolahraga untuk mempercepat pemulihan, memaksimalkan manfaat olahraga, dan membantu menjaga otot tanpa lemak. Berikut ini ide makanan yang bisa kamu coba dirumah;

• Pisang yang ditambahkan susu almond, dan biji rami (sumber protein yang sangat baik)

• Salad dengan buncis panggang. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun dan cuka

• Sayuran tumis atau dikukus yang dilengkapi dengan tahu kaya protein

• Roti gandum dengan selai kacang mentah

• Burrito dengan kacang, nasi merah, dan guacamole

• Ayam bakar dengan tumis atau sayuran kukus

• Omelet yang diisi dengan sayuran tumis dan alpukat

• Salmon panggang dengan kentang manis yang dipanggang

• Roti gandum dengan tuna yang dicampur dengan hummus dan daun bayam

• Susu coklat

Itu dia beberapa rekomendasi makanan sebelum dan sesudah berolahraga yang baik untuk dikonsumsi. Sahabat fimela juga bisa mencoba membuatnya dirumah sesuai selera ya. (Iffah)

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading