Sukses

Lifestyle

Tips Agar Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Memasuki musim penghujan seperti saat ini menjadi beberapa masalah bagi sejumlah orang. Seperti halnya dalam hal menjemur pakaian, pakaian yang baru saja di cuci seharusnya bisa langsung kering dalam sehari apabila terik matahari tidak terhalang oleh mendung. Dikala musim hujan seperti ini, mengeringkan pakaian membutuhkan waktu tidak cukup sehari.

Minimnya sinar matahari yang tertutup mendung membuat pakaian sulit kering bahkan berbau apek. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi bau apek pada pakaian saat musim hujan.

Rendam Dengan Air Bersih dan Detergen

Sebelum merendam ada baiknya untuk mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis bahannya. Basahi pakaian dengan air besih, kemudian peras satu per satu, masukkan ke dalam air yang bercampur detergen. Rendam pakaian kurang lebih selama 30 menit.

Kucek dan Bilas Hingga Bersih

Usahakan untuk mengucek pakaian hingga bersih, karena yang menyebabkan bau tidak sedap pada pakaian adalah detergen yang menempel pada pakaian. Setelah tahap mengucek, bilas pakaian dengan air bersih yang mengalir. Jangan sampai pakaian masih terasa licin karena sisa sabun yang masih menempel. 

Beri Pewangi Pakaian

Pewangi pakaian dapat digunakan untuk mengurangi bau apek, terlebih banyak jenis pewangi anti bakteri atau menghilangkan bau apek di pasaran. Berikan pewangi secukupnya jangan terlalu berlebihan.

Jemur Pakaian Dengan Diangin-Anginkan

Jemur pakaian dengan cara diangin-anginkan, selain itu atur jarak antar pakaian. Apabila terlalu dekat makan pakaian akan lebih lama untuk kering. Gunakan kipas angin bila perlu.

Setrika Pakaian

Setelah melalui proses penjemuran, alangkah baiknya langsung menyeterika pakaian yang sudah kering. Usahakan jangan menumpuk pakaian yang baru turun dari jemuran. Hal ini dapat menyebabkan pakaian beraroma apek.

Simpan Pada Lemari Yang Kering

Usahakan menyimpan baju di dalam lemari yang tidak lembab, sebab tempat yang lebab juga dapat menyebabkan pakaian menjadi bau apek. Beri pengharum gantung supaya lemari tidak berbau.

Tak perlu khawatir lagi dengan bau apek pada pakaian saat musim hujan, tips di atas semoga bermanfaat dan membantu Sahabat Fimela ya!

#GrowFearless With FIMELA

Loading