Sukses

Lifestyle

Kenali Apa itu Detoks Digital: Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas

Fimela.com, Jakarta Detoks digital mengacu pada periode waktu seseorang untuk tidak menggunakan teknologi digital seperti televisi, komputer, tablet, atau media media sosial. Detoks digital menjadi metode yang cocok dilakukan apabila merasa sudah terlalu banyak mengonsumsi informasi digital. Dengan mengurangi penggunaan perangkat digital, setidaknya Sahabat Fimela dapat melepaskan stres dan penat akibat konektivitas berlebih pada perangkat digital.

Teknologi memang membuat semuanya serba mudah sekarang ini. tapi tidak bisa dipungkiri bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu di perangkat digital dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.  Sebuah penelitiain di Swedia juga menemukan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihandapat berimbas pada masalah tidur, gejala depresi, dan meningkatkan rasa stres. oleh karena itu, detoks digital menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengurangi penggunaan perangkat digital. Dilansir dari laman verywellmind.com, berikut adalah manfaat dan langkah-langkah menerapkan detoks digital:

Manfaat Detok Digital Pada Produktivitas

Terlalu banyak tenggelam pada dunia digital akan membuat interaksi dengan sekitar berkurang. Selain itu, terlalu banyak menggunakan ponsel juga membuat orang akan kecanduan. Melepaskan penggunaan ponsel sementara waktu penting untuk membuat diri lebih tenang dan lebih menikmati waktu sendiri atau bersama orang terdekat. Prioritaskan ketenangan diri dari hiruk pikuk dunia maya. Lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti fokus pada pekerjaan, pendidikan, atau hobi. Optimalkan waktu dengan baik sehingga dapat lebih produktif.

Langkah-langkah Menerapkan Detoks Digital

Langkah termudah untuk melakukan detoks digital itu untuk menjauhkan diri dari kesibukan di dunia digital dan lebih fokus pada dunia nyata, seperti fokus pada sekolah, pekerjaan, atau relasi dengan orang tredekat. Selain itu, terapkan waktu tertentu untuk menggunakan perangkat digital. Seperti hanya menggunakan selama waktu luang atau saat memeriksa pekerjaan yang penting.  Hindari juga distraksi seperti godaan membuka media sosial dengan mengatur waktu hanya selama 20-30 menit. Sehingga tidak menyelam dunia digitak terlalu lama.

Detoks digital dapat membuat hidup lebih produktif. Tidak ada salahnya untuk mencoba metode ini untuk mengurangi penggunaan perangkat digital yang berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading