Sukses

Parenting

Ketahui 5 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan dan Mengidam yang Perlu Diketahui

Kita telah mendengar cerita mengenai ibu hamil yang hanya ingin makan es krim, dan acar, atau ibu hamil yang mengirim suaminya untuk membelikannya ayam goreng, tak hanya itu ada juga ibu hamil yang hanya ingin merek cokelat spesifik tertentu.

Banyak yang berspekulasi bahwa mengidam akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin yang ada. Namun faktanya, ada beberapa hal yang membingungkan, karena terkadang proses mengidam ini membuat orang tidak nyaman dan capek. 

Namun, bila kalian melihat riset, mengidam yang dirasakan oleh ibu hamil ini sangatlah kompleks. Karena dari setiap kultur yang berbeda, para ibu hamil memiliki akan mengidam hal yang berbeda. Bahkan, menurut laporan dari negara yang tidak berbahasa Inggris, mereka terkadang mengidam hal-hal yang terdengar aneh, namun di Jepang, ibu hamil sering mengidam makan nasi. 

Berangkat dari hal tersebut, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 mitos dan fakta seputar kehamilan dan mengidam yang perlu diketahui. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

Fakta dan Mitos Perut Ibu Hamil

Mitos:

Salah satu mitos yang paling umum seputar kehamilan adalah bentuk perut ibu hamil. Jika posisi kandungan agak terangkat ke atas, itu berarti dia mengandung anak perempuan. Sebaliknya, jika posisi perut agak turun ke bawah kemungkinan dia akan mendapatkan anak laki-laki.

Fakta:

Para dokter mengatakan bahwa tidak ada dasar ilmiah untuk asumsi ini. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran otot, struktur, posisi janin, postur, dan jumlah lemak yang disimpan di sekitar perut yang berperan dalam ukuran dan bentuk perut saat hamil

Fakta dan Mitos Mengidam

Mitos:

Ngidam makanan asin menandakan perempuan akan mendapatkan anak laki-laki. Sementara untuk makanan manis, ibu hamil akan mendapatkan anak perempuan.

Fakta:

Penelitian menunjukkan bahwa ngidam tidak ada hubungannya dengan penentuan jenis kelamin bayi.

Fakta dan Mitos Mulas saat Hamil

Mitos:

Jika ibu hamil menderita mulas selama kehamilan, berarti ia akan melahirkan bayi dengan rambut yang lebat.

Fakta:

Keluhan ini sangat umum pada ibu hamil dan tidak ada hubungannya dengan kuantitas rambut anak yang dilahirkan.

Fakta dan Mitos Seputar Pengaruh Keturunan

Mitos:

Faktor keturunan pengaruhi kemudahan seorang perempuan dalam melahirkan.

Fakta:

Faktor keturunan tidak memiliki peran dalam memprediksi seberapa mudah atau sulitnya persalinan akan berjalan. Sebaliknya, ukuran dan posisi bayi, diet dan gaya hidup memainkan peran dalam menentukan bagaimana itu akan terjadi.

Fakta dan Mitos Porsi Makan saat Hamil

Mitos:

Ibu hamil harus makan dua kali lipat dari porsi harian.

Fakta:

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil mungkin harus makan lebih banyak dari porsi biasanya, namun bukan berarti diharuskan membabi buta saat makan. Hal ini dikarenakan rata-rata perempuan hanya memerlukan sekitar 300 kalori ekstra per hari.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
33 Kutipan The Chronicles of Narnia yang Inspiratif dalam Bahasa Inggris
Artikel Selanjutnya
4 Penyebab Rambut Lepek yang Perlu Diperhatikan Beserta Cara Mengatasinya