Sukses

Health

5 Tanda Dirimu Mengalami Dehidrasi yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan cairan yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kalau tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tubuh akan rentan mengalami berbagai masalah dan gangguan kesehatan. Hanya saja sebagian dari kita masih belum mengetahui atau memahami dengan baik tanda-tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi.

Melansir laman GoHealth Urgent Care, mengenalil tanda dan gejala dehidrasi sedini mungkin merupakan kunci penting untuk penanganan dehidrasi yang baik dan membantu mencegah masalah yang lebih serius dan membahayakan jiwa. Berikut ini lima tanda umum dehidrasi yang perlu diketahui tapi masih banyak yang belum benar-benar menyadarinya. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Warna Urin Gelap

Ketika buang air kecil dan mendapati warna urin gelap, ini bisa jadi pertanda mengalami dehidrasi. Apalagi kalau tidak buang air kecil sama sekali dalam jangka waktu yang lama, maka penting untuk segera mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Ada baiknya senantiasa minum air putih secara berkala agar sistem sekresi berjalan lancar juga.

 

 

2. Jantung Berdebar Cepat

Asupan cairan yang tubuh sangat penting bagi organ seperti jantung, hati, ginjal, dan paru-paru untuk berfungsi normal. Kalau jantung tiba-tiba terasa berdebar lebih cepat padahal tidak sedang beraktivitas fisik yang berat, ada kemungkinan mengalami dehidrasi. Menurunnya kadar elektrolit dalam tubuh bisa mempengaruhi kemampuan jantung memompa darah.

 

 

3. Pusing

Mencukupi kebutuhan cairan dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air sangat penting bagi otak untuk berfungsi dengan maksimal dan optimal. Jika tubuh mengalami dehidrasi, biasanya kepala akan terasa pusing. Saat merasa pening atau pusing, cobalah untuk segera minum air putih atau mengonsumsi buah yang kandungan airnya tinggi.

 

 

4. Sulit Berkonsentrasi

Dehidrasi juga bisa menurunkan kemampuan berkonsentrasi. Kesulitan berkonsentrasi atau mulai merasa bingung bisa menjadi gejala dirimu kekurangan cairan tubuh. Apalagi ketika sudah mulai sulit untuk memfokuskan perhatian pada hal yang sedang dilakukan, mungkin yang kamu butuhkan adalah minum air secukupnya. Segera cari bantuan medis juga bila dirimu mulai merasa tak bisa berkonsentrasi dengan baik.

 

 

5. Letih Lesu

Rasa letih dan lesu juga bisa menjadi tanda dehidrasi. Ketika dirimu mulai merasa lemas atau tubuh tidak bertenaga, coba cukupi kebutuhan cairan tubuhmu. Apalagi jika kondisi tubuhmu mulai mengganggumu untuk beraktivitas normal, ada baiknya segera mencari bantuan profesional yang kamu butuhkan. Biasanya gejala ini muncul ketika baru selesai berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Umumnya kita butuh sekitar 8 gelas air putih per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Bisa juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari buah atau sayuran yang kaya air.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading