Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Sebaiknya Menyimpan Jeroan di Kulkas?

Fimela.com, Jakarta Jeroan merupakan salah satu bahan masakan yang disukai banyak orang. Jeroan sendiri bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Namun, jika tidak langsung diolah atau dimasak, sebaiknya jeroan disimpan dengan cara yang benar-benar tepat.

Jaroan yang dibiarkan dalam suhu ruangan terlalu lama agar mengalami penurunan kualitas. Jeroan juga bisa mengalami kualitas rasa dan aroma. Sama dengan daging ayam atau bebek, jeroan merupakan bahan makanan yang cepat rusak kualitasnya. Ketika disimpan di lemari es atau kulkas, jeroan sebaiknya tak lebih dari 3 hari. Namun jika disimpan di dalam frezeer, jeroan bisa bertahan hingga 5 sampai 6 hari.

Lalu, bagaimana cara untuk menyimpan jeroan?

2 dari 3 halaman

Tips Menyimpan Jeroan

Pilih Jeroan Segar Saat Membeli

Pastikan untuk memilih jeroan yang masih segar atau baru saat membeli. Hindari membeli jeroan yang telah berubah warna, hilang kesegarannya apalagi berbau. Jeroan yang kualitasnya tidak bagus akan membuatnya tidak sehat buat tubuh.

Cuci Bersih Jeroan Sebelum Disimpan

Pastikan untuk mencuci jeroan hingga bersih sebelum disimpan. Cuci di bawah air mengalir. Bila perlu, beri perasan air jeruk nipis atau ulet dengan daun jeruk purut untuk mengurangi aroma amisnya.

Bumbui Jeroan

Setelah bersih, bumbui jeroan sebelum disimpan. Bumbu ini selain bisa mengawetkan jeroan secara alami, ini juga akan membuat rasa jeroan semakin lezat dan nikmat.

Simpan di Wadah Tertutup, Masukkan Kulkas

Tempatkan jeroan di wadah tertutup seperti kotak makan atau toples lalu tutup rapat dan simpan di kulkas. Jika ditempatkan di kulkas bagian luar, jeroan paling lama bertahan selama 3 hari. Tapi jika disimpan di bagian frezeer dan dibekukan, ini akan membuat jeroan bertahan hingga 6 hari.

Itulah cara menyimpan jeroan. Selain disimpan saat masih mentah, jeroan juga bisa disimpan setelah dimasak. Jeroan yang telah dimasak dan disimpan di kulkas bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

 

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ragam Menu Berbuka Puasa Ramadan di Berbagai Belahan Dunia
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menggoreng Kacang Mede yang Renyah untuk Suguhan Lebaran