Sukses

Lifestyle

Bahaya, Obesitas Membuat Otak Lebih Tua 10 Tahun dari Usia Aslinya

Fimela.com, Jakarta Makan berlebihan bukan hanya bisa menaikkan berat badan hingga obesitas, tapi juga punya risiko menurunkan kemampuan otak.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging, obesitas dapat membuat otak lebih tua 10 tahun dari usia aslinya. Dalam penelitian ini tidak dikatakan kemampuan kognitif orang obesitas akan berkurang karena kelebihan berat badan, namun fungsi otak lainnya akan lebih rentan menurun.

Penelitian yang dilakukan di University of Cambridge ini mencoba melakukan perbandingan antara individu dengan berbagai variasi berat badan dan melakukan MRI untuk mengetahui aktivitas dan kondisi mereka dengan rentang usia 20-87 tahun.

Obesitas Bisa Membuat Otak Tua

Hasilnya, dibanding dengan mereka yang punya berat badan ideal, orang-orang dengan masalah obesitas memiliki otak yang lebih rentan mengalami penuaan. Hal ini dipicu karena hilangnya beberapa jaringan otak yang menjalankan fungsi komunikasi, dan hal ini dikenal sebagai proses penuaan otak, menurut penelitian.

Secara umum, hilangnya beberapa jaringan di dalam otak ini disebabkan tekanan lemak di dalam otak. Jadi, menjaga berat badan ideal bukan hanya soal penampilan, tapi juga agar dapat mencegah penuaan dini pada otak.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading