Sukses

Beauty

4 Penyebab Rambut Lepek yang Perlu Diperhatikan Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Minyak memang dibutuhkan rambut untuk nampak berkilau dan lembap. Namun, rambut yang terlalu berminyak akan membuat rambut menjadi menempel, lengket, dan tampak tipis.

Kulit kepala yang terlalu berminyak dapat menyebabkan gatal yang tidak nyaman dan dermatitis seboroik. Bahkan bisa memberikan pesta untuk jamur penyebab ketombe.

Minyak ini bercampur dengan keringat dan kotoran, melapisi kulit kepala dan terkadang bagian atas kepala. Ini sebenarnya normal dan, sebagian besar, tidak dapat dihindari.

Terkadang minyak alami ini bisa terkumpul di rambut, terutama di bagian akarnya. Hal ini membuat rambut kamu terlihat licin sehingga beberapa orang merasa terlihat kotor. Berikut Fimela.com merangkum 4 penyebab rambut lepek yang perlu diperhatikan beserta cara mengatasinya. 

Overwashing

Salah satu penyebab rambut lepek yang tidak terduga adalah mencuci rambut secara berlebihan. Benar, mungkin saja kamu terlalu sering mencuci rambut.

Setiap kali kamu mencuci rambut dengan sampo, produk ini mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum. Jika kamu terlalu sering mencuci rambut, kulit kepala mendapat pesan bahwa ia perlu melakukan overdrive produksi minyak.

Hal ini dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala.

Tipe Rambut

Penyebab rambut lepek selanjutnya yakni tipe rambut. Rambut lurus sangat rentan mengumpulkan minyak.

Itu karena batang rambut tidak memiliki tekstur atau gelombang apa pun, sehingga minyak meluncur lurus ke bawah batang rambut dan terkumpul di seluruh kepala. Itu juga membuat minyak di rambut lebih terlihat saat rambut tergerai lurus ke bawah.

Produk Perawatan Rambut

Penyebab rambut lepek yang lain adalah jenis produk yang kamu gunakan.

Sebum adalah sejenis minyak, artinya hanya dengan mencucinya dengan air tidak akan merusaknya. Membilas rambut hanya dengan air atau melewatkan langkah sampo dan hanya menggunakan kondisioner dapat membuat minyak menumpuk.

Meskipun mungkin tidak mudah untuk melihat minyak saat rambut mengering, minyak akan segera terlihat lagi hanya beberapa jam kemudian. Itu dikarenakan hanya bahan tertentu di sampo yang bisa mengatasinya. Dan jika salah memilihnya hal itu akan berakibat penumpukan minyak.

Makanan

Penyebab rambut lepek juga bisa berasal dari apa yang kamu konsumsi. Rambut kamu akan benar-benar mencerminkan apa yang kamu makan. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak asam lemak omega 6, rambut cenderung lebih berminyak dibandingkan jika kamu juga mengonsumsi asam lemak omega 3. 

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Cuci lebih sering

Orang dengan rambut sangat berminyak mungkin perlu keramas sekali sehari, menurut American Academy of Dermatology. Sampo membantu menghilangkan minyak berlebih serta kotoran dan sisa produk rambut dari kulit kepala.

Cuci lebih jarang

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi. Tetapi jika kamu sudah mencuci rambut sekali sehari dan masih berminyak di penghujung hari, mungkin ada baiknya kamu mengatur seberapa sering kamu mencuci rambut.

Mencuci rambut secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala. Ini dapat menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak untuk direhidrasi.

Jika kulit kepala cenderung kering atau kulit kepala kering dan gatal selain rambut berminyak, meregangkan frekuensi keramas secara perlahan dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit kepala.

Mencuci Rambut dengan Benar

Mencuci rambut atau keramas mungkin tampak hal sepele. Namun jika keliru akan membuat rambut lepek dan rusak.

Untuk mencuci rambut dengan benar, oleskan sedikit sampo dengan lembut ke akar dan kulit kepala. Hindari menggunakan kuku atau membuat gesekan yang tidak perlu pada untaian. Menggosok secara agresif dapat mengiritasi kulit kepala dan membuatnya menghasilkan lebih banyak minyak.

Fokus pada kulit kepala, di mana minyak berada, bukan pada panjang rambut Anda. Jangan mengoleskan sampo langsung ke ujung rambut atau menggosoknya. Alih-alih, biarkan sampo mengalir melalui ujungnya saat kamu membilas.

Kondisioner dengan hati-hati

Kondisioner dapat membuat rambut terlihat berminyak dan menyebabkan minyak menumpuk lebih cepat. Kondisioner hanya ujung rambut, dan pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh.

Jangan terlalu sering mencatoknya

Setrika pelurus rambut dan pengering rambut dapat memberikan hasil akhir yang halus dan rapi. Tapi mereka juga bisa membuat rambut Anda terlihat lebih cepat berminyak.

Biarkan rambut kamu mengering dengan sendirinya dan nikmati tekstur alaminya. 

Bersihkan dengan lidah buaya

Obat rumahan ini tidak hanya berguna di bulan-bulan musim panas. Lidah buaya dapat  menjadi masker rambut dan kulit kepala yang bagus karena menghilangkan minyak berlebih, melawan penumpukan produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut. Anda akan mendapatkan rambut yang lembut dan sehat.

Hindari produk dengan silikon

Banyak produk, termasuk sampo, kondisioner, krim, dan produk penataan rambut, dibuat dengan silikon untuk membantu menghaluskan rambut dan menambah kilau.

Selain menambahkan kilau ekstra yang dapat terlihat sangat mirip minyak, silikon dapat menumpuk pada rambut dan membuatnya terlihat kotor, berminyak, dan berat.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
15 Arti Mimpi Gigi Copot yang Mengejutkan, Banyak Pertanda Buruk
Artikel Selanjutnya
5 Arti Mimpi Potong Rambut