Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Gampang Capek tapi Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Sering merasa tubuhmu gampang capek? Atau merasa gampang mengantuk dalam menjalani aktivitas sehari-hari? Bisa jadi karena ada kebiasaan harian yang masih belum baik dan mengganggu kondisi kesehatanmu.

Kali ini kita akan membahas sejumlah kebiasaan yang bisa menjadi pemicu tubuh gampang capek. Melansir laman Good Housekeeping, berikut lima penyebab umum tubuh kita bisa gampang capek dalam menjalani keseharian. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

 

 

1. Kebiasaan Telat Bangun Pagi

Menekan tombol "snooze" saat alarm berbunyi dan lanjut tidur lagi sehingga telat bangun bisa membuat tubuhmu gampang capek juga. Bangun kesiangan membuat kita tak punya cukup waktu mempersiapkan diri untuk menyiapkan energi yang cukup untuk menjalani hari. Sehingga saat menjalani rutinitas jadi kurang awal yang terlalu terburu-buru. Sebuah penelitian dari Harvard tahun 2008 menemukan bahwa orang yang bangun pagi bisa mengantisipasi masalah lebih baik dan lebih proaktif, yang berkaitan dengan bisa memiliki performa kerja dan kehidupan yang lebih baik.

 

 

2. Kebiasaan Makan yang Asal Kenyang

Kekurangan magnesium bisa membuat tubuh gampang capek. Kalau kebiasaan makan kita kurang sehat dan kebutuhan magnesium kurang terpenuhi, maka kondisi tubuh bisa lemah. Usahakan untuk memiliki pola makan sehat dalam keseharian. Imbangi dengan konsumsi makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, hingga buah-buahan seperti alpukat.

 

 

3. Kebiasaan Malas Berolahraga

Tetaplah rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas gerak tubuh bisa mengurangi risiko terkena depresi dan membantu kita tidur lebih nyenyak. Luangkan waktu 150 menit dalam sepekan untuk berolahraga, maka tubuh akan 65% tidak gampang capek dalam menjalani keseharian.

 

 

4. Kebiasaan Melewatkan Matahari Pagi

Pada pagi hari sebisa mungkin luangkan waktu untuk mendapat paparan sinar matahari pagi. Bisa berjemur sebentar untuk sekadar menghangatkan badan. Paparan sinar matahari bisa bantu mengaktifkan vitamin D yang ada di dalam tubuh. Serta, bisa mengaktifkan produksi melatonin tubuh pada malam hari dan membantu kita untuk tidur lebih mudah pada malam hari.

 

 

5. Kebiasaan Mengeluh

Sering mengeluhkan pekerjaan? Sering mengeluhkan keadaan atau rutinitas yang dijalani? Bisa jadi ini juga yang membuat tubuhmu gampang capek. Terlalu banyak mengeluh bisa membuat kita makain stres. Saat pikiran stres, maka kondisi tubuh bisa ikut menurun.

Kini saatnya untuk memperbaiki kebiasan harianmu. Bisa dimulai dengan memperbaiki kebiasaan-kebiasaan di atas jika kamu masih sering melakukannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading