Sukses

Health

Kenali Bagaimana Polusi Udara Berdampak bagi Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Polusi udara mungkin tidak bisa lagi disembunyikan dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Mulai dari asap kendaraan, polusi industri, hingga rokok bersatu padu di udara. Tentunya polusi ini dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang maupun pendek. Tidak hanya kesehatan pernapasan, polusi udara ternyata juga berdampak pada kesehatan kulit.

Kulit menjadi bagiain terluar dari tubuh manusia. Otomatis kulit juga menjadi pelindung pertama dalam menghadapi polusi. Kulit dapat berperan sebagai perlindungan dalam beberapa waktu. Namun, apabila terpapar dalam jangka panjang, julit juga bisa mengalami masalah. Dilansir dalam laman airly.org, berikut adalah bagaimana dampak polusi udara untuk kesehatan kulit:

Bagaimana Polusi Udara Berdampak pada Kesehatan Kulit

Kulit memiliki mikrobiomanya tersendiri untuk membantu melawan zat yang membahayakan tubuh. Mikrobioma ini terdiri dari bakteri, jamur dan virus. Oleh sebab itu, keseimbangannya perlu terjaga agar mampu menjalankan tugasnya maksimal. Polusi udara bisa menyebabkan keseimbangan ini tertanggung. Sehingga akan terajdi pertumbuhan bakteri berbahaya.

Partikel yang ada di polusi udara dapat terjebak dalam pori-pori dan berkembang di sana. Inilah salah satu penyebab utama jerawat. Kerusakan mikrobioma juga dapat menyebabkan kerusakan pada pelindung kulit. Sehingga kulit akan lebih rentan terserang bakteri atau virus dari luar.

Dampak Jangka Panjang Polusi Udara bagi Kulit

Apabila terus menerus terpapar polusi udara, kulit akan dehidrasi dan keseimbangan mikrobioma kulit akan semakin terganggu. Sehingga, kulit akan kehilangan kemampuan melakukan fungsi perlindungan dengan maksimal. Dalam jangka panjang terdapat banyak risiko bagi kesehatan kulit. Mulai dari kerusakan pelindung kulit, penuaan dini, bahkan kanker kulit. Ini bisa terjadi dari gejala kecil seperti jerawat dan dermatitis.

Jaga terus kesehatan kulit dengan rutin mengaplikasikan sunblock dan selalu mengenakan pakaian tertutup serta masker. Ini merupakan upaya untuk meminimalisir kulit terpapar polusi udara dalam jumlah yang banyak. Semoga infromasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading