Sukses

Lifestyle

Mengembalikan Jadwal Tidur yang Sehat setelah Kebanyakan Begadang

ringkasan

  • Membuat Jadwal Tidur yang Konsisten
  • Jauhkan Ragam Alat Elektronik 2 Jam sebelum Waktu Tidur
  • Hindari Kafein setelah Pukul 4 Sore

Fimela.com, Jakarta Setelah kebanyakan begadang atau lembur, terkadang sulit bagi kita untuk membangun kembali kebiasaan tidur yang sehat. Padahal penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas demi kesehatan tubuh. Apalagi kalau hanya tidur kurang dari lima atau enam jam per hari, maka akan berisiko tinggi mengalami obesitas.

Bila belakangan ini sering begadang dan kurang tidur, bakal butuh waktu yang agak lama untuk bisa mengembalikan jadwal tidur yang sehat. Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Psychophysiology, National Institute of Mental Health, National Center of Neurology and Psychiatry, Jepang pada tahun 2016, untuk 1 jam kurang tidur, kita btuh waktu sedikitnya 4 hari untuk bisa pulih. Berikut beberapa tips untuk mengembalikan jadwal tidur yang lebih baik untuk kesehatan tubuh.

1. Membuat Jadwal Tidur yang Konsisten

Saatnya untuk lebih disiplin lagi. Buat jadwal tidur yang konsisten. Usahakan tidur dan bangun pada pukul yang sama.

2. Jauhkan Ragam Alat Elektronik 2 Jam sebelum Waktu Tidur

Matikan ponsel, laptop, dan ragam gawai lainnya setidaknya dua jam sebelum waktu tidur. Paparan sinar biru (blue light) bisa mengganggu siklus tidur kita karena dapat memengaruhi ritme sirkadian dan memanipulasi otak kita untuk terjaga karena seola-olah masih siang hari. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, jauhkan semua perangkat elektronik dan gawai minimal dua jam sebelum tidur, ya.

 

 

3. Hindari Kafein setelah Pukul 4 Sore

Disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein setelah lewat pukul 4 sore. Minuman berkafein seperti kopi dan teh perlu dihindari pada sore hari bila ingin mendapatkan tidur yang nyenyak pada malam hari.

4. Bila Butuh Tidur Siang, Maksimal 20 Menit Saja

Untuk menjaga siklus tidur tetap teratur, sebaiknya tidur siang tidak dilakukan lebih dari 20 menit. Supaya pada malam hari bisa tidur lebih nyenyak, tidur siang cukup dilakukan sebentar saja.

5. Bangun Tidur 15 Menit Lebih Awal dari Biasanya

Bila ingin memiliki kebiasaan bangun pagi, cobalah untuk mengatur bangun pagi lebih awal 15 menit dari biasanya. Sesuaikan dengan target yang dimiliki. Misalnya, bila sebelumnya punya kebiasaan baru bangun pada pukul 9 pagi dan punya target untuk bisa rutin bangun pukul 6 pagi, maka pada hari pertama kita bisa bangun pukul 8.45. Bila sudah merasa lebih mudah bangun pukul 8.45, keesokan harinya bangunlah pukul 8.30, terus lakukan secara bertahap untuk mencapai targetmu.

Bila pada malam hari sering merasa kesulitan untuk langsung tidur dan terlelap, coba lakukan meditasi atau latihan pernapasan. Rilekskan tubuh dan pikiran untuk membantu memudahkanmu tidur lebih nyenyak.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Amankah Gaya Tidur Menutup Mulut dengan Plester? Ini Jawaban Pakar Medis Dunia
Artikel Selanjutnya
Haus Hingga Stres, Ini 10 Alasan Dirimu Terbangun di Malam Hari