Sukses

Lifestyle

5 Tips Merawat Buku agar Tetap Awet dan Tidak Berjamur

Fimela.com, Jakarta Memiliki hobi membaca buku memang sangat menarik dan menambah ilmu. Membaca buku membuat seseorang memiliki pengetahuan yang jauh lebih luas dan dapat diandalkan. Buku memiliki segudang manfaat dan ilmu bagi kehidupan sehari-hari. Buku memiliki banyak jawaban akan semua pertanyaan.

Buat kamu yang hobi membaca buku dengan koleksi yang semakin banyak, sebaiknya perhatikan kebersihan buku. Terkadang banyak buku yang sudah tidak lagi dibaca atau ingin kamu berikan kepada teman terdekatmu, namun buku yang ada sudah usang dan menguning. Hal ini bisa jadi disebabkan kesalahan dalam penyimpanan buku. 

Buku sangat rentan terkena segala yang bersifat cair. Bahkan selain cairan, buku akan lembab karena udara yang tidak sesuai atau debu yang kotor. Buku sangat rentan rusak dan perlu disesuaikan dengan suhu yang sesuai. Mengoleksi buku bacaan terutama yang tebal bukanlah hal yang mudah. Berikut ada beberapa tips merawat buku agar tetap awet dan terlihat baru. 

Gunakan Sampul

Ada baiknya jika kamu menggunakkan sampul plastik atau semacamnya yang dapat menutupi cover bukumu dari udara luar. Sampul digunakkan agar cover bukumu terhindar dari kotoran dan lebih terlindungi. Sampul dipercaya juga bisa membuat cover buku tetap kokoh dan tidak semakin usang. Banyak yang menggunakkan sampul kertas sebagai cover. Hal ini juga tidak masalah jika ingin dilakukan. Hal yang terpenting adalah cover buku sudah dilapisi bahan lain agar tidak langsung menyentuh benda lain. Jika tidak diupayakan, maka akan terjadi usang atau sablon cover akan saling menempel dengan benda lain. 

Simpan di Tempat Terbuka

Suhu sangat diperhatikan untuk sebuah buku. Perlu tempat yang kering untuk menyimpannya. Tidak terlalu panas atau dingin. Jika terlalu panas maka cover akan menempel pada benda atau sampul karena lelehan tinta. Jika terlalu dingin, maka akan lembab dan menimbulkan uap air sehingga buku bisa basah atau bahkan jamuran. Jangan sampai buku lembap dan dipenuhi jamur atau menguning. 

Posisi Buku

Atur posisi buku saat menyimpannya. Jangan sampai tertekuk atau bertabrakan dengan buku yang lain sehingga akan lecak. Ketika buku disusun dalam rak buku, maka utamakan menyusunnya dengan keadaan vertikal. Posisi vertikal atau berdiri berupaya agar beban setiap buku sama. Karena, jika kamu menyusunnya secara horizontal, maka buku paling bawah akan mendapat tekanan yang paling besar. Buku yang disusun secara horizontal tidak akan mendapat spekulasi udara segar yang masuk. 

Baca secara Berkala

Baca bukumu secara berkala. Jangan sampai kamu hanya membeli dan menyimpannya begitu saja sampai usang. Meskipun kamu simpan dengan cover, suhu, dan letak yang sesuai tidak akan menutup kemungkinan akan berdebu dan usang jika tidak kamu sering baca dan keluarkan. Menyimpan buku dalam jangka waktu yang lama akan membuat kualitas buku menurun. 

Bersihkan secara Rutin

Dengan banyak hal yang sudah kamu lakukan, debu karena udara yang kotor akan tetap berdatangan jika kamu tidak membersihkannya. Bersihkan dengan kemoceng atau kain kering. Jangan gunakkan sesuatu yang basah atau lembap jika ingin menghilangkan debu dari buku. Hal ini akan menyebabkan jamur atau warna buku akan pudar dan luntur. Bersihkan rak buku minimal 2 minggu 1 kali. 

Nah, itu dia tips merawat buku agar tetap awet dan terlihat seperti baru. Jangan hanya membeli buku untuk memajang atau menyimpannya ya. Sebaiknya lebih rutin membaca atau bahkan baca sampai hapal. Hal ini baik untuk otak dan semakin menambah pengetahuan, semoga bermanfaat ya! Stay positive.

Penulis: Yosefin Natalie 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading