Sukses

Parenting

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Perut melar atau buncit menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh wanita yang baru saja melahirkan. Banyak wanita terutama yang baru melahirkan, merasa gusar melihat perubahan pada daerah perutnya. Perut yang semula langsing dan kencang, sekarang tampak kendor bahkan bergelambir.

Tak heran banyak muncul fenomena ibu yang baru melahirkan menjadi lebih gemuk. Hal ini dapat berujung pada krisis percaya diri pada wanita yang baru saja melahirkan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula. Lalu gimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Tenang, karena kami akan berikan cara-caranya.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional

Di zaman modern ini, ternyata perawatan tradisional sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan masih sangat diminati, lho. Biasanya perawatan ini menggunakan jamu dan rempah-rempah. Penasaran? Simak ulasannya dibawah.

Ramuan beras kencur

Minuman jamu ini berasal dari rempah herbal yang berkhasiat untuk kesehatan, termasuk untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Kamu tidak perlu khawatir, karena jamu ini rasanya manis meskipun tanpa tambahan gula atau madu.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan menggunakan beras kencur:

  1. Siapkan 3 sendok makan beras, jahe, kunyit, gula merah, asam jawa, jeruk nipis, kencur, daun pandan, dan garam
  2. rendam beras selama kurang lebih 3 jam
  3. rebus kunyit, jahe, gula merah, daun pandan dan asam jawa sampai mendidih lalu disaring
  4. tumbuk kunyit, kencur, dan jahe
  5. campurkan air rendaman beras dengan tumbukan bahan-bahan tadi
  6. aduk kemudian saring dengan kain
  7. tambahkan jeruk nipis dan garam secukupnya
  8. ramuan siap diminum.

Ramuan jahe merah

Ramuan tradisional selanjutnya yang berkhasiat dapat mengecilkan perut setelah melahirkan adalah ramuan jahe merah.

Cara membuatnya pun cukup mudah:

  1. parut jahe merah setebal kurang lebih 3 cm
  2. peras jeruk nipis
  3. campur keduanya lalu tambahkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun
  4. ramuan siap diminum.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Secara Alami

Kayu manis

Menurut penelitian, kayu manis memiliki khasiat dan manfaat untuk mengatasi lemak di perut. Berarti, kayu manis cocok untuk mengecilkan perut setelah melahirkan yang diakibatkan karena adanya menumpukan lemak.

Cara membuatnya:

  1. siapkan 2-3 inci kayu manis 
  2. siapkan pula 2-3 cengkeh
  3. rebus keduanya dalam 2 liter air selama 5-10 menit
  4. tunggu sampai mendidih, minum selagi hangat.

Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau, terbukti dapat mengecilkan perut sekaligus menurunkan berat badan. Hal ini karena the hijau dapat memperlancar metabolism dalam tubuh, sehingga dapat menghancurkan lemak pada perut. Disarankan untuk meminum teh hijau tanpa ditambah pemanis seperti gula atau madu agar mendapat hasil secara maksimal.

Teh dan jeruk nipis

Apabila tidak punya teh hijau, teh biasa yang dicampur jeruk nipis pun dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Dengan cara mudah, kamu bisa membuat minuman ini di rumah.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan menggunakan the dan jeruk nipis:

  1. seduh teh dengan air panas 
  2. tunggu sampai suhu teh tadi menurun
  3. tambahkan air perasan jeruk nipis
  4. minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan (Caesar) Sesar

Air Putih

Sama seperti program diet pada umumnya, konsumsi air putih sesering mungkin juga dikonsumsi bagi para wanita setelah persalinan caesar. Tubuh setelah melahirkan memerlukan cairan dan sebaiknya jangan sampai mengalami dehidrasi. Selain pencernaan menjadi lebih sehat, mengonsumsi air putih juga dapat mengecilkan perut.

Menyusui

Menyusui buah hati secara langsung memiliki banyak manfaat. Selain meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi dan menurunkan risiko kanker payudara, ternyata menyusui juga bisa membakar lemak tubuh, yang berarti dapat mengecilkan perut juga.

Yoga

Yoga juga bisa jadi solusi untuk cara mengecilkan perut setalah melahirkan. Jadi, kebiasaan berlatih yoga bisa anda lakukan secara teratur atau sekedar melatih pernapasan selama 10 – 20 menit dalam sehari. Biasakanlah untuk melakukannya setelah bangun tidur pada pagi hari untuk membantu sistem metabolisme tubuh bekerja maksimal dan rileks.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal

Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, lutein, pencegah kanker, termasuk vitamin B. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara membuatnya: 

  1. siapkan kulit pisang secukupnya
  2. kukus selama 25 menit sambil menyiram dengan air jeruk nipis
  3. hancurkan kulit pisang yang telah dikukus 
  4. tempelkan kulit pisang ke perut (seperti lulur).

Jalan kaki

Berjalan kaki dapat pula menjadi solusi untuk kamu yang ingin menguruskan perut setelah melahirkan. Jalan kaki termasuk olahraga kecil dan tidak akan memberatkan setelah melahirkan. Dengan menempuh jarak 1,5 km per hari, bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori.

Serat yang cukup

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Selain itu, makanan yang kaya akan serat memiliki banyak manfaat yang bisa kamu peroleh; diantaranya yaitu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, menurunkan kolesterol tinggi, membersihkan saluran pencernaan, dan memperlambat penyerapan glukosa.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Loading